Note

Akankah USD Menghentikan Reli? Emas Dan Minyak Cenderung Menunjukkan Kenaikan Moderat

· Views 78

Gelombang baru aksi jual di pasar, disertai dengan peningkatan imbal hasil US Treasury dan penguatan dolar AS, telah menjadi kenyataan. Kombinasi dari beberapa faktor negatif tidak dapat diabaikan oleh pasar.

Apa yang ada di balik penurunan pasar?

Alasan pertama yang mendorong pasar turun adalah pernyataan hawkish dari Ketua The Fed Jerome Powell setelah pertemuan bank sentral minggu lalu. Intinya, suku bunga mungkin akan dinaikkan sekali lagi tahun ini sebesar 0.25%. Namun, kekhawatiran sebenarnya bukan hanya pada potensi kenaikan, tetapi juga pada petunjuk bahwa suku bunga tinggi mungkin akan bertahan hingga 2026. Belum lama ini, pasar berharap bahwa suku bunga akan mulai turun secara perlahan tahun depan, terutama setelah Federal Reserve mencapai target inflasi 2%.

Pukulan signifikan lainnya datang pada hari Senin ketika Moody's memperingatkan potensi penurunan peringkat pemerintah AS jika kekacauan dalam domain pajak dan kebijakan fiskal tidak berhenti. Peringatan ini sangat mengkhawatirkan di tengah-tengah ancaman penutupan pemerintah atau penghentian pendanaan karena konflik yang semakin meningkat antara Partai Demokrat dan Partai Republik menjelang pemilihan presiden AS.

Jika isu-isu ini belum cukup mengkhawatirkan, hari Selasa memberikan alasan lain untuk khawatir dengan dirilisnya angka-angka ekonomi yang lemah. Data menunjukkan penurunan pertumbuhan dalam izin-izin konstruksi, dengan 1.541 juta dibandingkan dengan 1.443 juta dan perkiraan 1.543 juta. Selain itu, Indeks Keyakinan Konsumen CB turun menjadi 103.0 di bulan September, dibandingkan dengan perkiraan penurunan ke 105.5 poin, meskipun direvisi naik menjadi 108.7 poin untuk periode sebelumnya. Selain itu, penjualan rumah baru di bulan Agustus turun menjadi 675.000 dibandingkan dengan perkiraan 700.000 dan revisi nilai sebelumnya sebesar 739.000.

Data ini, dikombinasikan dengan ancaman shutdown yang membayangi dan pernyataan agresif dari Federal Reserve, menguji ketahanan para pelaku pasar. Hal ini mengakibatkan berkurangnya permintaan akan aset-aset berisiko, kenaikan baru dalam imbal hasil Treasury, dan peningkatan dalam nilai tukar dolar.

Akankah aksi jual pasar dan reli dolar berlanjut?

Tren penurunan pasar mungkin akan segera berakhir, dan kita mungkin akan melihat sedikit rebound pada indeks-indeks saham dan melemahnya nilai dolar. Hal ini mungkin terjadi di tengah aksi ambil untung dan penutupan posisi yang telah dibuka sebelumnya, bukan karena pergeseran sentimen pasar. Perubahan signifikan dapat terjadi pada hari Jumat jika data yang dipublikasikan mengenai indeks pengeluaran konsumsi pribadi, angka-angka pendapatan dan pengeluaran, serta perkiraan inflasi dan nilai sentimen konsumen dari University of Michigan, mengindikasikan penurunan. Hal ini akan menandakan potensi perlambatan inflasi AS.

Dalam skenario ini, penutupan posisi akan dilakukan bersamaan dengan pembelian aset-aset yang lebih murah untuk mengantisipasi jeda kenaikan suku bunga dari Federal Reserve. Tentu saja, dalam kondisi ini, mata uang Amerika akan melemah.

Perkiraan harian:

Akankah USD Menghentikan Reli? Emas Dan Minyak Cenderung Menunjukkan Kenaikan Moderat

Lihat juga: Mulai trading Forex dengan broker level Eropa!
Akankah USD Menghentikan Reli? Emas Dan Minyak Cenderung Menunjukkan Kenaikan Moderat

Minyak mentah WTI

Harga minyak masih diatur oleh kebuntuan antara Rusia dan Barat yang terkonsolidasi, serta kebijakan ketat OPEC+. Jika harga tetap berada di atas angka $91.30, pengujian ulang level $93.50 dapat diperkirakan.

XAU/USD (Emas)

Emas diperdagangkan di bawah kisaran $1.900,00-$1.947,50, channel yang telah bertahan sejak akhir Agustus. Jika sentimen pasar membaik, dolar mungkin akan berada di bawah tekanan, memungkinkan emas untuk kembali ke kisaran ini dan bahkan mungkin naik ke level $1.913.75.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.