Note

Kemenparekraf Dukung Pelaku Usaha Bali Go Public Lewat KreatIPO

· Views 61
Kemenparekraf Dukung Pelaku Usaha Bali Go Public Lewat KreatIPO
Kemenparekraf Dukung Pelaku Usaha Bali Go Public Lewat KreatIPO. Foto: MNC Media.

IDXChannel - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bekerja sama dengan Bursa Efek Indonesia (BEI) menggelar kegiatan Coaching Clinic KreatIPO di Bali pada 26 September 2023.

Acara ini sebagai bagian rangkaian Program KreatIPO yang merupakan Roadshow Usaha Parekraf menuju Initial Public Offering (IPO). 

Baca Juga:
Kemenparekraf Dukung Pelaku Usaha Bali Go Public Lewat KreatIPO Kemenparekraf Siapkan Sosialisasi terkait Pungutan Pajak Wisman

Coaching Clinic KreatIPO ini merupakan yang kedua kalinya diselenggarakan pada tahun ini, sebelumnya Coaching Clinic KreatIPO telah hadir di Kota Bekasi.

Direktur Akses Pembiayaan Kemenparekraf 
Anggara Hayun Anujuprana menjelaskan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk identifikasi kesiapan awal pelaku usaha di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) untuk menjadi perusahaan Go Public dengan skema IPO.

Baca Juga:
Kemenparekraf Dukung Pelaku Usaha Bali Go Public Lewat KreatIPO Kemenparekraf Gelar Open Call Program IndoBisa untuk Startup Parekraf

Pada kegiatan ini Kemenparekraf mempertemukan 64 pelaku usaha parekraf dengan Bursa Efek Indonesia serta Underwriter yang terdiri dari UOB Kay Hian Sekuritas, KB Valbury Sekuritas dan Korea Investment & Sekuritas Indonesia (KISI) 
Sampai dengan 31 Agustus 2023, total dana yang dihimpun oleh perusahaan sektor pariwisata dan ekonomi melalui IPO adalah Rp1.304,77 Miliar. 

"Potensi dan peluang yang begitu besar dari pasar modal ini diharapkan dapat mendorong dan mengakselerasi para pelaku usaha parekraf untuk dapat melantai di Bursa Efek Indonesia dengan skema penawaran umum perdana saham atau yang lebih dikenal dengan nama IPO," ujarnya melalui keterangaan tertulis, Rabu (27/9/2023).

Baca Juga:
Kemenparekraf Dukung Pelaku Usaha Bali Go Public Lewat KreatIPO Kemenparekraf Beri Bantuan Dana dan Literasi Keuangan Tiga Desa Wisata di Banten

Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Provinsi Bali, Ida Ayu Nyoman Candrawati berharap banyak dari pelaku usaha yang mengikuti coaching clinic ini dapat menuju IPO agar perekenomian di Provinsi Bali dapat meningkat. Serta, menjadi motivasi bagi pelaku usaha parekraf lain.

Program roadshow KreatIPO sendiri terdiri oleh berbagai kegiatan, yaitu: 

a. Literasi terkait pasar modal pada kegiatan bicang pasar modal.
b. Coaching Clinic KreatIPO, kegiatan one on one meeting dengan underwriter atau profesi penunjang dalam rangka identifikasi kesiapan awal usaha untuk IPO.

c. Seleksi masuk IDX Incubator.

d. Pembinaan oleh IDX Incubator dan monitoring oleh Kemenparekraf.

e. Pelaksanaan Demoday untuk mempertemukan perusahaan binaan dengan profesi penunjang yang akan membantu penyiapan IPO.

Halaman : 1 2

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.