Note

Harga emas turun di tengah penguatan dolar dan kenaikan imbal hasil

· Views 66

Harga emas bergantung pada apa? Sekilas, jawabannya sederhana—tergantung pada biaya uangnya. Semakin rendah suku bunga bank sentral, semakin murah harganya. Semakin mahal harga kuotasi logam mulia. Sebaliknya, saat suku bunga tinggi, pasangan XAU/USD akan turun. Pada saat yang sama, emas merupakan anti-dolar. Dinamika indeks USD seringkali menentukan kemana logam mulia ini akan bergerak. Sayangnya, pada tahun 2023, korelasi historis terganggu, dan hanya pertemuan Federal Reserve pada bulan September yang mengembalikan semuanya ke keadaan semula.

Melihat bagaimana emas menjaga stabilitas dalam menghadapi kenaikan imbal hasil riil obligasi Treasury AS, para investor tanpa sadar mempertanyakan alasannya pada diri sendiri. HImbal hasil nyata adalah biaya uang. Di dunia dengan uang yang mahal, logam mulia seharusnya tidak terasa nyaman.

Dinamika emas dan imbal hasil riil obligasi Treasury AS

Harga emas turun di tengah penguatan dolar dan kenaikan imbal hasil

Hal yang sama juga berlaku untuk dolar. Hal ini mengejutkan para penggemarnya, menandai kenaikan beruntun 10 minggu di tengah kekuatan ekonomi AS dan keengganan Federal Reserve untuk membiarkan poros dovish. Para spekulan secara massal menutup posisi short pada mata uang AS, dan ekspektasi shutdown pemerintah hanya memicu permintaan terhadap mata uang tersebut sebagai aset safe haven.

Meskipun demikian, emas mengabaikan latar belakang eksternal yang sangat tidak menguntungkan hingga akhir September, sehingga memungkinkan adanya prakiraan bullish. Lagi pula, jika suatu aset tidak mencapai target yang diharapkan, kemungkinan besar aset tersebut akan bergerak ke arah yang berlawanan. Menurut Macquarie, logam mulia dapat naik hingga $2.100 per ounce jika imbal hasil obligasi pemerintah AS dan dolar AS menurun. Jika Anda menerima kabar baik dalam kondisi buruk, XAU/USD mampu menandai kenaikan pesat.

Dinamika emas dan dolar AS

Lihat juga: Anda dapat buka akun trading di sini.
Harga emas turun di tengah penguatan dolar dan kenaikan imbal hasil

Yang mengecewakan para pecinta emas adalah tidak adanya berita positif yang muncul. Para investor perlahan-lahan mulai terbiasa dengan gagasan bahwa suku bunga tinggi akan bertahan dalam jangka waktu yang lama. Biaya uang telah meningkat tajam dan akan tetap demikian untuk jangka waktu yang lama. Logam mulia kehilangan kilaunya dan mulai melakukan apa yang seharusnya—turun.

Menurut pendapat saya, alasan stabilitas XAU/USD harus dicari di Tiongkok. Saat ini, harga premium untuk batangan di Shanghai melebihi harga di London dan New York sebesar lebih dari $100 per ounce. Emas di Tiongkok berharga lebih dari $2.000. Bank Rakyat Tiongkok memulai proses ini dengan rajin membeli logam mulia sebagai bagian dari proses de-dolarisasi. Kemudian konsumen mengambil alih kendali. Karena krisis pasar real estat, melemahnya yuan, dan kontrol modal yang ketat, masyarakat membeli emas.

Harga emas turun di tengah penguatan dolar dan kenaikan imbal hasil

Sayangnya, koneksi antarpasar cepat atau lambat akan terasa. Penguatan dolar dan kenaikan imbal hasil riil obligasi Treasury AS mendorong XAU/USD ke bawah level 1.900.

Secara teknikal, di chart harian, emas memiliki formasi pola Shark pada level 5-0. Level target pada 161,8%, menurut model terbaru, terletak di level $1.825 per ounce. Breakout support di $1.895 akan memungkinkan pembentukan posisi short.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.