Note

Bursa Karbon Diresmikan Jokowi, Luhut Beberkan Sederet PR Ini

· Views 57
Bursa Karbon Diresmikan Jokowi, Luhut Beberkan Sederet PR Ini
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan/Foto: KEMENKO MARVES
Jakarta

Pemerintah resmi meluncurkan bursa karbon hari ini, Selasa (26/9). Bursa Karbon yang dioperasikan oleh PT Bursa Efek Indonesia ini merupakan yang pertama kali di Indonesia.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, masih terdapat pekerjaan yang harus diselesaikan, misalnya terkait peta jalan perdagangan karbon hingga pajak karbon.

"Selanjutnya kami laporkan masih terdapat sejumlah pekerjaan yang harus diselesaikan antara lain penyelesaian peta jalan perdagangan karbon sektor dan pajak karbon, kami ingin segera tuntaskan ini," katanya dalam pembukaan Bursa Karbon disiarkan virtual, Selasa (26/9/2023).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Menurut Luhut, pemerintah terus mengawal peraturan yang mengatur Nationally Determined Contribution (NDC), perdagangan karbon luar negeri, hingga peraturan soal pajak karbon.

"Berangkat dari hasil ratas lalu, Permen LHK penyelenggara NDC, dan permen LHK perdagangan karbon luar negeri dan peraturan pajak karbon yang kami juga ingin kawal supaya ini jangan lari dari hasil keputusan ratas lalu,"jelasnya.

Selanjutnya, Sistem Registri Nasional Pengendalian Perubahan Iklim (SRN PPI) dan sistem integrasinya terus disempurnakan. Tujuannya agar transparansi dapat terlaksana dengan baik.

"Selanjut nya penyempurnaan sistem pencatatan nasional atau SRN PPI dan integrasinya dengan sistem yang ada di sektor agar tujuan transparansi dapat terlaksana dengan baik," tambahnya.

Luhut menyatakan penyelenggaraan bursa karbon Indonesia akan diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan teknologi blockchain.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan perdagangan perdana Bursa Karbon di Indonesia. Menurutnya, bursa karbon adalah kontribusi nyata Indonesia untuk berjuang melawan krisis iklim dan perubahan iklim.

"Hasil perdagangan ini akan direinvestasi kembali kepada upaya menjaga lingkungan khususnya melalui pengurangan emisi karbon," beber Jokowi.

Potensi perdagangan di Indonesia memang besar, Jokowi mengatakan Indonesia memiliki banyak sekali kekayaan nature based solution. Indonesia juga diklaim Jokowi bisa menjadi satu-satunya negara yang 60% pemenuhan pengurangan emisi karbonnya berasal dari sektor alam.

"Di catatan saya kurang lebih 1 giga ton CO2 yang berpotensi dikredit karbon dan bisa ditangkap," terang Jokowi.

Bila dikalkulasi, Jokowi bilang potensi perdagangan Bursa Karbon di Indonesia juga sangat besar. Dia mengatakan potensinya mencapai Rp 3.000 triliun.

(ily/ara)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.