Note

Jokowi Optimistis Indonesia Bisa Jadi Poros Karbon Dunia

· Views 60
Jokowi Optimistis Indonesia Bisa Jadi Poros Karbon Dunia
Jokowi Optimistis Indonesia Bisa Jadi Poros Karbon Dunia. Foto: YouTube Sekretariat Presiden

IDXChannel - Bursa Karbon Indonesia atau Indonesia Carbon Exchange (IDXCarbon) diresmikan. Sejalan dengan itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sangat optimistis Indonesia bisa menjadi poros karbon dunia asal langkah-langkah konkret dapat digarap secara konsisten.

"Saya sangat optimistis Indonesia bisa menjadi poros karbon dunia, asalkan langkah-langkah konkret tersebut digarap secara konsisten dan bersama seluruh pemangku kepentingan, baik oleh pemerintah, swasta, masyarakat, dan bersama-sama dengan stakeholder lainnya," kata Jokowi dalam sambutannya di Main Hall Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa (26/9/2023).

Baca Juga:
Jokowi Optimistis Indonesia Bisa Jadi Poros Karbon Dunia Bursa Karbon Diluncurkan, Jokowi: Kontribusi Nyata RI Melawan Krisis Iklim

Dia pun meminta agar standar karbon internasional sebagai rujukan dan memanfaatkan teknologi untuk transaksi agar efektif dan efisien.

"Yang kedua, harus ada target, harus ada timeline, baik untuk pasar dalam negeri dan nantinya pasar luar negeri atau internasional. Segera masuk ke sana," ujarnya. 

Baca Juga:
Jokowi Optimistis Indonesia Bisa Jadi Poros Karbon Dunia Mulai Diperdagangkan, Segini Biaya Transaksi di Bursa Karbon IDXCarbon 

"Yang ketiga, atur dan fasilitasi pasar karbon sukarela, sesuai praktik di komunitas internasional. Dan pastikan standar internasional itu tidak mengganggu target NBS Indonesia," imbuh Jokowi.

Dia menuturkan bahwa Indonesia memiliki potensi yang luar biasa dalam Nature Based Solutions (NBS).

Baca Juga:
Jokowi Optimistis Indonesia Bisa Jadi Poros Karbon Dunia Bursa Karbon Meluncur, IHSG Dibuka Hijau ke 7.004  

"Dan menjadi satu-satunya negara yang sekitar 60 persen pemenuhan pengurangan emisi karbonnya berasal dari sektor alam," ucap Jokowi.

Dia mengungkapkan dalam catatannya, ada kurang lebih 1 gigaton CO2 potensi kredit karbon yang bisa ditangkap. Jika dikalkulasikan, kata Jokowi, potensi bursa karbon Indonesia bisa mencapai Rp3.000 triliun, bahkan bisa lebih. 

"Sebuah angka yang sangat besar, yang tentu ini akan menjadi sebuah kesempatan ekonomi baru yang berkelanjutan dan ramah lingkungan sejalan dengan arah dunia yang sedang menuju kepada ekonomi hijau," tuturnya.

Jokowi menyebut bahwa ancaman perubahan iklim sangat bisa dirasakan. Jokowi pun meminta semua pihak untuk tidak main-main terhadap ancaman yakni kenaikan suhu bumi, kekeringan, banjir dan polusi. Maka, katanya dibutuhkan langkah-langkah konkret untuk mengatasinya.

"Dan bursa karbon yang kita luncurkan hari ini bisa jadi sebuah langkah konkret, bisa menjadi langkah besar untuk Indonesia mencapai target emisi," kata Jokowi.

(RNA)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.