Note

KADIN Indonesia Diharapkan Bisa Jadi Pengayom Pengusaha di Indonesia

· Views 46

Pasardana.id - KADIN Indonesia diharapkan bisa terus menjadi tonggak untuk kian mengayomi para pengusaha di Indonesia, termasuk para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

“Sejatinya, kehadiran KADIN bukan hanya untuk pengusaha-pengusaha besar saja, tapi seluruh pelaku usaha di Indonesia,” kata Ketua Umum (Ketum) Kamar Dagang dan Industri (KADIN) DKI Jakarta, Diana Dewi, dalam perayaan HUT KADIN yang ke-55 di Jakarta, Minggu (24/9) lalu. 

Dalam kesempatan tersebut, dirinya mengungkapkan, bahwa UMKM mempunyai ketahanan atau imunitas yang tinggi dalam menghadapi berbagai krisis, termasuk pada situasi sulit masa pandemi Covid-19 kemarin. 

"Kita juga ketahui bersama bahwa UMKM memiliki ketahanan yang kuat di masa krisis, bahkan ditengah collaps-nya sejumlah usaha skala besar,” ujarnya.

Lebih lanjut Diana menyebutkan, pada usianya yang bertambah dewasa dan berbagai program kerja yang telah dijalankan, pihaknya mengharapkan KADIN bisa terus memperlengkapi para pelaku usaha, utamanya bagaimana memanfaatkan teknologi digital dalam mendukung bisnisnya. 

“Kita harus mendorong agar bagaimana pelaku UMKM bisa ikut memanfaatkan teknologi dalam upaya memperluas usahanya. Juga memberi kesempatan akses permodalan dan peluang usaha,” kata owner Toko Daging Nusantara ini. 

Tak hanya itu, juga perlu didorong agar para pelaku usaha juga mampu mengembangkan usahanya, baik di lingkungan ASEAN maupun Asia, seperti yang selama ini dilakukan oleh KADIN DKI Jakarta dengan menginisiasi business matching antara pelaku usaha di Jakarta dengan sejumlah negara, antara lain; Vietnam, Singapura, Inggris, dan berbagai negara lainnya. 

"KADIN DKI Jakarta terus mendorong pebisnis di Ibu Kota untuk berkembang. Bagi pelaku UMKM mulai menggunakan teknologi digital dan pelaku usaha skala menengah ke atas bisa mengembangkan bisnisnya lintas negara,” kata Diana.   

Diana juga berharap, dengan bertambahnya usia KADIN Indonesia, maka pertumbuhan ekonomi negara akan semakin baik, para pengusaha kian maju dan buruh atau pekerja juga bisa kian sejahtera. 

"KADIN merupakan garda terdepan yang mendukung pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kesejateraan rakyat,” ujarnya.

 

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.