Note

Rupiah Lanjutkan Tren Melemah, Ditutup ke Rp15.403 Hari Ini

· Views 50
Rupiah Lanjutkan Tren Melemah, Ditutup ke Rp15.403 Hari Ini
Rupiah Lanjutkan Tren Melemah, Ditutup ke Rp15.403 Hari Ini. (Foto: MNC Media)

IDXChannel - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) kembali ditutup melemah pada perdagangan Senin (25/9/2023). Mata uang Garuda turun 28 poin ke level Rp15.403 dari penutupan sebelumnya di Rp15.380.

Pengamat Pasar Uang, Ibrahim Assuaibi mengatakan, dolar AS mempertahankan kekuatan setelah pertemuan Fed yang hawkish Dolar mendapat dorongan minggu lalu setelah Federal Reserve AS mengindikasikan suku bunga akan lebih tinggi dalam jangka waktu yang lebih lama, mengejutkan pasar dengan prediksinya yang bersifat hawkish.

Baca Juga:
Rupiah Lanjutkan Tren Melemah, Ditutup ke Rp15.403 Hari Ini Dolar AS Menguat, Rupiah Melemah Tipis

"Hal ini sangat kontras dengan negara-negara lain di Inggris dan Swiss, yang keduanya menghentikan siklus kenaikan suku bunga, sementara Bank of Japan mempertahankan kebijakan moneternya yang sangat akomodatif. Hal ini mengikuti nada yang relatif dovish dari Bank Sentral Eropa pada minggu sebelumnya," tulis Ibrahim dalam risetnya, Senin (25/9/2023).

Pembicara bank sentral, data inflasi akan dirilis Ada serangkaian pejabat bank sentral yang akan memberikan pidato minggu ini, dengan Presiden ECB Christine Lagarde memulai pembicaraan di sesi ini, menjelang komentar dari Presiden Fed Minneapolis Neel Kashkari.

Baca Juga:
Rupiah Lanjutkan Tren Melemah, Ditutup ke Rp15.403 Hari Ini Rupiah Hari Ini Ditutup Stagnan Rp15.380 Terpengaruh Kebijakan Suku Bunga

Data awal harga konsumen bulan September untuk blok tersebut akan dirilis pada akhir minggu ini, sementara ada juga data inflasi utama AS yang dijadwalkan pada hari Jumat.  Sebelumnya, rilis sentimen bisnis Ifo Jerman akan dirilis pada hari Senin, dan akan memberikan indikasi kesehatan perekonomian terpenting zona euro.

Kekhawatiran baru terhadap pasar properti Tiongkok yang terlilit utang. Raksasa real estat China Evergrande (HK:3333) Group memperingatkan bahwa mereka tidak dapat menerbitkan utang baru karena penyelidikan pemerintah terhadap anak perusahaannya Hengda Real Estate Group.

Baca Juga:
Rupiah Lanjutkan Tren Melemah, Ditutup ke Rp15.403 Hari Ini Rupiah Merana Tembus Rp15.400 per USD
Halaman : 1 2

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.