Note

USD/JPY Bertahan di dekat Puncak Tahun Berjalan, Pembeli Jadi Berhati-hati di Tengah Kekhawatiran Intervensi

· Views 47
Bagikan:
  • USD/JPY memperbarui puncak tahun berjalan selama sesi Asia pada hari Senin, meskipun kurang ditindaklanjuti.
  • Kekhawatiran terhadap intervensi, bersama dengan nada risiko yang lebih lembut, mendukung JPY dan membatasi kenaikan untuk pasangan mata uang ini.
  • Divergensi kebijakan The Fed-BoJ masih mendukung kenaikan dan mendukung prospek kenaikan lebih lanjut.

Pasangan USD/JPY menyentuh level tertinggi baru sejak November 2022 selama sesi Asia pada hari Senin, meskipun berusaha keras untuk memanfaatkan kenaikan yang moderat di luar pertengahan-148,00-an.

Spekulasi bahwa otoritas Jepang akan melakukan intervensi di pasar valuta asing untuk mendukung mata uang domestik, bersama dengan nada risiko yang lebih lemah, memberikan dukungan kepada safe haven Yen Jepang (JPY). Faktanya, Menteri Keuangan Jepang Shunichi Suzuki mengeluarkan peringatan baru terhadap pelemahan JPY baru-baru ini dan mengatakan bahwa pemerintah tidak akan mengesampingkan opsi apa pun untuk mengatasi volatilitas yang berlebihan di pasar mata uang. Hal ini, pada gilirannya, menahan para trader untuk menempatkan taruhan bullish baru di sekitar pasangan USD/JPY dan bertindak sebagai penghalang. Namun, sisi negatifnya, tetap tertahan setelah adanya perbedaan besar dalam sikap kebijakan moneter yang diadopsi oleh Federal Reserve (The Fed) dan Bank of Japan (BoJ).

Bank sentral AS, seperti yang telah diantisipasi, memutuskan untuk membiarkan suku bunga tidak berubah pada akhir pertemuan kebijakan September hari Rabu lalu, meskipun menunjukkan kesiapan untuk menaikkan suku bunga sampai inflasi kembali ke target 2%. Faktanya, The Fed memperingatkan bahwa inflasi AS yang masih tertahan kemungkinan akan menarik setidaknya satu kali kenaikan suku bunga sebesar 25 bp pada akhir tahun. Selain itu, 'dot-plot' mengindikasikan hanya dua kali penurunan suku bunga tahun depan dibandingkan dengan empat kali yang diproyeksikan sebelumnya. Selain itu, data makro AS yang kuat seharusnya memungkinkan The Fed untuk mempertahankan suku bunga lebih tinggi untuk waktu yang lebih lama. Prospek hawkish, pada gilirannya, mendorong imbal hasil obligasi pemerintah AS bertenor dua tahun yang sensitif terhadap suku bunga ke level tertinggi sejak Juli 2006.

Selain itu, imbal hasil obligasi pemerintah AS bertenor 10 tahun bertahan stabil di dekat level tertinggi dalam 16 tahun yang disentuh pada hari Jumat lalu. Hal ini, pada gilirannya, membantu Dolar AS (USD) untuk berdiri tegak di bawah puncak lebih dari enam bulan dan terus memberikan dukungan pada pasangan USD/JPY. JPY, di sisi lain, tertekan oleh fakta bahwa BoJ pada hari Jumat menahan diri untuk tidak memberikan petunjuk tentang potensi perubahan dalam sikap dovish di masa mendatang. Dalam konferensi pers pasca rapat, Gubernur BoJ Kazuo Ueda mencatat bahwa tidak ada perubahan pada cara proses pengambilan keputusan kebijakan dan bahwa bank sentral belum memperkirakan inflasi mencapai target 2% secara stabil. Oleh karena itu, BoJ akan terus mempertahankan kebijakan moneter yang sangat longgar.

Latar belakang fundamental yang disebutkan di atas tampaknya lumayan cenderung mendukung para pembeli USD/JPY. Oleh karena itu, setiap pullback korektif yang berarti masih dapat dilihat sebagai peluang beli dan tetap terbatas dengan tidak adanya rilis ekonomi yang menggerakkan pasar pada hari Senin.

Level-Level Teknis USD/JPY

Tinjauan
Harga terakhir hari ini 148.43
Perubahan harian hari ini 0.06
Perubahan harian hari ini % 0.04
Pembukaan harian hari ini 148.37
 
Tren
SMA 20 Harian 147.18
SMA 50 Harian 144.73
SMA 100 Harian 142.44
SMA 200 Harian 137.64
 
Level
Tinggi Harian Sebelumnya 148.42
Rendah Harian Sebelumnya 147.51
Tinggi Mingguan Sebelumnya 148.46
Rendah Mingguan Sebelumnya 147.32
Tinggi Bulanan Sebelumnya 147.38
Rendah Bulanan Sebelumnya 141.51
Fibonacci Harian 38,2% 148.07
Fibonacci Harian 61,8% 147.85
Pivot Point Harian S1 147.78
Pivot Point Harian S2 147.19
Pivot Point Harian S3 146.87
Pivot Point Harian R1 148.69
Pivot Point Harian R2 149.01
Pivot Point Harian R3 149.6

 

 

Bagikan: Pasokan berita

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.