Note

Kebutuhan Terus Naik, Vastland (VAST) Optimistis Okupansi Gudang Meningkat

· Views 82
Kebutuhan Terus Naik, Vastland (VAST) Optimistis Okupansi Gudang Meningkat
PT Vastland Indonesia Tbk (VAST) sukses mempertahankan okupansi sewa gudang built-to-suit pada tingkat 100 persen

IDXChannel - PT Vastland Indonesia Tbk (VAST) sukses mempertahankan okupansi sewa gudang built-to-suit pada tingkat 100%. Angka ini juga mencakup serangkaian gudang yang baru-baru ini mereka akuisisi. 

Tingkat okupansi 100% untuk gudang built-to-suit tersebut sudah berhasil dipertahankan sejak tahun 2022, di mana okupansi gudang general warehouse VAST juga mencapai 93%, lebih tinggi dari pemain lainnya yang rata-rata di level 90%.

Baca Juga:
Kebutuhan Terus Naik, Vastland (VAST) Optimistis Okupansi Gudang Meningkat Vastland (VAST) Bidik Ekspansi Digital Pergudangan untuk Tingkatkan Kinerja di 2023

Secara historis, perseroan selalu menargetkan okupansi gudang 100% atau penuh setiap tahunnya. Bahkan, pada saat pandemi Covid-19 lalu, okupansi gudang-gudang milik perseroan mencapai 97-98%.

“Mengingat permintaan gudang yang bertumbuh positif akhir-akhir ini, kami optimistis bahwa permintaan gudang akan turut meningkat,” kata Direktur Keuangan VAST, Stanley V. Gunawan dalam keterangan resminya, Sabtu (23/9/2023).

Baca Juga:
Kebutuhan Terus Naik, Vastland (VAST) Optimistis Okupansi Gudang Meningkat Pendapatan Naik 11 Persen, Vastland (VAST) Bakal Dorong Digitalisasi Pergudangan

Stanley mengungkapkan, industri pergudangan adalah salah satu penopang pertumbuhan ekonomi nasional pada kuartal II tahun 2023, tercatat sektor perdagangan menyumbangkan 0,63% secara tahunan dari pertumbuhan total pertumbuhan ekonomi Indonesia sebesar 5,17% pada kuartal tersebut.

Di Provinsi Lampung, yang merupakan salah satu lokasi gudang VAST beroperasi, investasi per kuartal pertama tahun 2023 telah mencapai Rp3,24 triliun dari target yang ditentukan yakni sebesar Rp11 triliun, dengan industri makanan menjadi sektor terbesar penyumbang investasi terbanyak pada dengan nilai Rp1,6 triliun.

“Industri makanan juga menjadi salah satu sektor industri yang kerap menjadi pelanggan tetap sewa gudang milik VAST,” ucap Stanley.

Jasa gudang built-to-suit yang ditawarkan perseroan dinilai cocok bagi pelaku industri makanan yang sering memiliki spesifikasi khusus dalam kebutuhan pergudangan. 

Di Provinsi Sumatera Selatan, tepatnya di Palembang, merupakan salah satu wilayah di mana gudang VAST beroperasi mengalami pertumbuhan ekonomi sebesar 5,24% pada kuartal II 2023 secara tahunan. Meningkatnya hilirisasi industri yang didukung oleh pengembangan infrastruktur di berbagai wilayah di Indonesia, khususnya Pulau Sumatera, memunculkan permintaan baru akan pergudangan. 

“Layanan pergudangan yang ditawarkan VAST disambut sebagai pendukung bagi industri-industri baru yang sedang membangun jaringan distribusi mereka, khususnya pada industri yang berorientasi ekspor,” kata Stanley. 

(NIY)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.