Note

Sektor Saham yang Harus Dicermati di Tahun Politik, Manfaatkan Momentum Buat Cuan

· Views 54
Sektor Saham yang Harus Dicermati di Tahun Politik, Manfaatkan Momentum Buat Cuan
Sektor Saham yang Harus Dicermati di Tahun Politik, Manfaatkan Momentum Buat Cuan. (Foto: MNC Media)

IDXChannel—Apa saja saham yang harus dicermati di tahun politik? Masa pemilu identik dengan periode wait and see, sebab investor pasar modal menanti kepastian akan program dan kebijakan yang akan dilancarkan para capres kelak. 

Sehingga pergerakan harga berpotensi menjadi volatil. Terlebih jika capres mengusulkan kebijakan yang tidak populis di mata investor. Namun demikian, tetap ada peluang yang dapat dimanfaatkan. 

Baca Juga:
Sektor Saham yang Harus Dicermati di Tahun Politik, Manfaatkan Momentum Buat Cuan 2 Saham Kertas dengan PER dan PBV Rendah: Masih Murah, Layak Dikoleksi?

Sebab ada beberapa sektor dan saham yang akan terdampak sentimen dan momentum pemilu. Tingkat konsumsi beberapa produk umumnya akan meningkat selama masa pemilu. Sehingga, sektor-sektor industrinya bakal ikut menggeliat. 

Apa saja sektor dan saham yang harus dicermati di tahun politik mendatang? 

Sektor Barang Konsumer 

Sektor-sektor barang konsumer kerap ikut terkena dampak positif pada masa pemilu seiring peningkatan konsumsi barang-barang dari sektor industri ini. Akan terjadi banyak pertemuan dan kegiatan yang mengharuskan penyelenggara untuk berbelanja. 

Contoh emiten dalam sektor ini adalah PT Mayora Indah Tbk (MYOR), PT Garuda Food Putra Putri Jaya Tbk (GOOD), PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP), PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF). 

Sektor Penyiaran 

Emiten yang bergerak di industri penyiaran pun layak untuk turut dicermati. Media akan menjadi salah satu sumber utama bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi terkait perkembangan proses pemilu. 

Selain itu, bincang capres juga bakal digelar di stasiun-stasiun televisi. Sehingga, jumlah penonton televisi berpotensi meningkat signifikan selama masa pemilihan umum. 

Beberapa emiten yang bergerak di sektor ini adalah PT Surya Citra Media Tbk (SCMA), PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN).

Sektor Konstruksi 

Perbincangan tentang Ibu Kota Nusantara (IKN) berpotensi untuk diteruskan pada kabinet berikutnya. Selain itu, para capres juga umumnya bakal mengusulkan proyek-proyek pembangunan infrastruktur. 

Sehingga, emiten-emiten konstruksi dan berkaitan dengan bidang konstruksi sedikit banyak bakal masuk radar para investor. 

Beberapa saham yang bergerak di sektor konstruksi antara lain PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA), PT PP Tbk (PTPP), PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SMGR), PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (INTP). 

Sektor Telekomunikasi 

Saat pemilu, penggunaan telekomunikasi bakal meningkat. Sebagian masyarakat kini memilih untuk mengakses informasi tak hanya dari televisi, namun juga dari platform-platform digital yang hanya bisa diakses dengan internet. 

Beberapa saham dalam sektor industri ini adalah PT Indosat Tbk (ISAT), PT XL Axiata Tbk (EXCL), PT Smartfren Telecom Tbk (FREN). 

Saham Milik Politikus 

Saham-saham yang berafiliasi dengan tokoh politik pun sedikit banyak bakal terpengaruh sentimen publik. Sehingga, saham-saham ini patut dicermati, terlebih bagi investor yang sudah menyimpan saham ini sebelum masa pemilu datang. 

Itulah sederet sektor saham yang harus dicermati di tahun politik oleh investor pasar modal. (NKK

Artikel ini bukanlah ajakan untuk membeli dan menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya berada di tangan investor.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.