Note

Singgung Syarat Agunan, Teten Minta Perbankan Tiru Fintech Dalam Penyaluran KUR

· Views 46

Pasardana.id - Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM), Teten Masduki meminta perbankan melakukan pendekatan teknologi seperti yang dilakukan oleh financial technology (fintech) untuk menyalurkan pembiayaan kepada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). 

Teten menyinggung, kalau perbankan kerap kali mensyaratkan agunan untuk penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) kepada pemilik UMKM.

"Kalau masih tetap memaksa UMKM punya aset, punya agunan untuk bisa mendapatkan kredit perbankan, sampai kuda bisa menari pun enggak mungkin bisa dilakukan," ujar Teten di acara AFPI UMKM Digital Summit 2023 di Convention Hall Smesco, Jakarta Selatan, Kamis (21/9).

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Teten menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta penyaluran kredit perbankan untuk UMKM di tahun 2024 mencapai 30 persen.

Namun, dia meyakini hal tersebut tidak akan bisa tercapai jika perbankan masih mensyaratkan agunan.  

"Pak Presiden sudah minta pada tahun 2024 itu kredit perbankan untuk UMKM itu harus 30 persen minimum, tapi saya yakinkan itu enggak akan tercapai, hari ini baru sekitar 21-22 persen," katanya. 

Oleh karena itu, dia mendorong perbankan untuk mengganti cara-cara konvensional dengan pendekatan teknologi, salah satunya dengan penerapan credit scoring. 

"145 negara sekarang sudah menerapkan credit scoring bukan lagi masih pendekatan kolateral, harus ada agunan dalam bentuk aset, dan lain sebagainya. Konsep agunan juga berkembang bukan hanya aset, jadi kalau masih aset terus ya ini bank atau Pegadaian ini," ucap Teten.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.