Note

Emas menjaga stabilitas meskipun menghadapi haluan yang kuat

· Views 65

Jika pasar tidak bergerak sesuai yang diharapkan oleh investor, ada kemungkinan besar pasar akan bergerak ke arah yang berlawanan. Lingkungan eksternal yang tidak menguntungkan untuk emas belum terlihat dalam waktu yang lama. Perekonomian AS yang kuat di tengah stagflasi di Eropa memberi lampu hijau untuk reli dolar AS. Sementara itu, kenaikan yield obligasi Treasury 10-tahun ke level tertinggi 16 tahun tampaknya menunjukkan bahwa XAUUSD seharusnya turun. Namun, logam mulia tetap bertahan. Keadaan ini menetapkan nada bullish bagi para pendukungnya.

Meskipun perkiraan GDP global diturunkan, OECD telah meningkatkan prospeknya untuk perekonomian AS. Organisasi Paris melihat pertumbuhannya sebesar 2,2% pada tahun 2023, yang lebih tinggi dari perkiraan Juli sebesar 1,8%. Proyeksi untuk 2024 dinaikkan sebesar 0,3 poin persentase. Pesimisme tentang perekonomian global tidak baik untuk mata uang pro-siklikal, termasuk euro. Pada saat yang sama, optimisme tentang kekuatan GDP AS memungkinkan dolar AS merasa seperti raja di pasar Forex dan memberikan alasan bagi Capital Economics untuk perkiraan emas yang bearish. Perusahaan tersebut melihat emas turun ke $1.800 per ons.

Namun, logam mulia tidak pernah berhenti untuk mengherankan. Di samping dolar yang kuat dan yield obligasi Treasury AS yang meningkat dengan cepat, paku lain di petinya diharapkan menjadi fakta bahwa modal telah mengalir keluar dari ETF berorientasi emas sebesar 5% sejak awal tahun, menurut perkiraan Bloomberg. Namun, sejak Mei, kuotasi telah diperdagangkan dalam kisaran $1.900–2.000 per ons. Akibatnya, volatilitas menurun, dan perdagangan XAUUSD mulai tampak membosankan.

Dinamika Volatilitas Emas

Emas menjaga stabilitas meskipun menghadapi haluan yang kuat

Apa sebab dari ketahanan luar biasa logam mulia di tengah hambatan? Pada tahun 2022, seseorang dapat menunjuk pada pembelian oleh bank sentral yang aktif, yang mencapai level tertinggi. Tetapi pada tahun 2023, permintaan mereka untuk emas telah menurun. Perbedaannya adalah permintaannya tumbuh di Cina. Pembatalan tarif impor menyebabkan lonjakan premi Bursa Shanghai dibandingkan dengan London, mencapai rekor $120 per ons.

Dinamika Premi Emas di Cina

Lihat juga: Anda dapat buka akun trading di sini.
Emas menjaga stabilitas meskipun menghadapi haluan yang kuat

Namun, minat pada aset fisik biasanya berperan sekunder karena skala pasar yang berbeda. Pasar berjangka jauh lebih besar, yang membuat logam mulia bereaksi terhadap makroekonomi dan kebijakan moneter Federal Reserve.

Bulls XAUUSD mungkin terus percaya pada resesi di Amerika Serikat. Mungkin Federal Reserve akan membawa perekonomian Amerika ke pendaratan yang lembut, tetapi tidak akan dapat memperpanjangnya untuk waktu yang lama. Dalam konteks GDP yang kuat, inflasi akan naik, mendorong bank sentral untuk melanjutkan siklus ketatkan moneter dan pada akhirnya memicu penurunan.

Emas menjaga stabilitas meskipun menghadapi haluan yang kuat

Oleh karena itu, meskipun kesulitan sementara, seperti penguatan dolar AS sebagai respons terhadap retorika hawkish Fed, emas akan dapat bertahan.

Dari sisi teknis, bulls untuk logam mulia gagal menetapkan diri di atas level pivot di $1.931 per ons, menunjukkan kelemahan mereka. Namun demikian, kembalinya kuotasi di atas tertinggi lokal di $1.937 atau pantulan dari nilai wajar di $1.916 per ons harus digunakan untuk membentuk posisi beli.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.