Note

Rupiah Hari Ini Ditutup Melemah ke Rp15.380 Tertekan Kebijakan Suku Bunga

· Views 60
Rupiah Hari Ini Ditutup Melemah ke Rp15.380 Tertekan Kebijakan Suku Bunga
Rupiah Hari Ini Ditutup Melemah ke Rp15.380 Tertekan Kebijakan Suku Bunga. (Foto: MNC Media)

IDXChannel - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) kembali ditutup melemah pada perdagangan Selasa (19/9/2023). Mata uang Garuda turun 14 poin ke level Rp15.380 dari penutupan sebelumnya di Rp15.370. 

Pengamat Pasar Uang, Ibrahim Assuaibi mengatakan, dolar AS sedikit lebih tinggi, menyimpang tidak terlalu jauh dari level tertinggi enam bulan terhadap mata uang utama lainnya pada minggu lalu. Pasar uang memperkirakan The Fed akan mempertahankan suku bunganya pada pertemuan mendatang, menurut alat CME FedWatch, meskipun fokusnya akan tertuju pada panduan ke depan bank sentral. 

Baca Juga:
Rupiah Hari Ini Ditutup Melemah ke Rp15.380 Tertekan Kebijakan Suku Bunga BI Diramal Tahan Suku Bunga saat Kinerja Rupiah Lesu

“BOJ diperkirakan akan mempertahankan suku bunga ultra-rendah pada hari Jumat dan meyakinkan pasar bahwa stimulus moneter akan tetap ada, setidaknya untuk saat ini, bahkan ketika Gubernur Kazuo Ueda memicu spekulasi akan segera menjauh dari kebijakan ultra-longgar,” tulis Ibrahim dalam risetnya, Selasa (19/9/2023). 

Pengambil kebijakan Bank Sentral Eropa (ECB) bahwa kenaikan suku bunga lebih lanjut mungkin terjadi. Sebuah laporan Reuters mengatakan bahwa ECB akan segera mulai membahas bagaimana mengatasi kelebihan likuiditas multi-triliun euro yang mengalir di bank-bank juga mengangkat mata uang tunggal. 

Baca Juga:
Rupiah Hari Ini Ditutup Melemah ke Rp15.380 Tertekan Kebijakan Suku Bunga Daftar PO Bus Terkaya di Indonesia, Miliki Ribuan Armada Bernilai Triliunan Rupiah 

Simpanan uang ini mengurangi dampak kenaikan suku bunga ECB dengan mengurangi persaingan dalam mendapatkan simpanan dan mengakibatkan pembayaran bunga yang besar dan kerugian yang diakibatkannya oleh beberapa bank sentral. 

Meskipun BoE diperkirakan akan menaikkan suku bunga lagi pada hari Kamis, kenaikan tersebut dapat menandai siklus pengetatan terakhir bank sentral saat ini karena melemahnya perekonomian mulai mengkhawatirkan para pembuat kebijakan. 

Baca Juga:
Rupiah Hari Ini Ditutup Melemah ke Rp15.380 Tertekan Kebijakan Suku Bunga MIND ID Makin Cerah, Beri Nilai Tambah yang Bukan Cuma Soal Rupiah
Halaman : 1 2

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.