Note

Deretan 5 Perusahaan Terbesar Dunia, Valuasi Apple Rp47 Kuadriliun

· Views 73
Deretan 5 Perusahaan Terbesar Dunia, Valuasi Apple Rp47 Kuadriliun
Deretan 5 Perusahaan Terbesar Dunia, Valuasi Apple Rp47 Kuadriliun. (Foto: MNC Media)

IDXChannel - Perusahaan terbesar di dunia, berdasarkan kapitalisasi pasar (market cap), didominasi oleh perusahaan yang beroperasi pada teknologi dan layanan komunikasi asal Amerika Serikat (AS).

Salah satu parameter populer yang digunakan investor untuk mengetahui nilai perusahaan adalah dengan menggunakan metrik kapitalisasi pasar.

Baca Juga:
Deretan 5 Perusahaan Terbesar Dunia, Valuasi Apple Rp47 Kuadriliun Saham Apple Melemah setelah Peluncuran iPhone 15

Kapitalisasi pasar perusahaan dihitung dengan mengalikan jumlah total sahamnya yang berbeda dengan harga pasar saat ini. Menurut data pada situs The Motley Fool 2023, Inilah 5 perusahaan terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar.

  1. Apple

Apple Inc. merupakan perusahaan teknologi Amerika yang berbasis di Kupertino, California merupakan perusahaan yang paling bernilai di dunia dengan rekor kapitalisasi pasar USD2,96 triliun atau setara dengan Rp46.984 triliun (kurs 15.300 per USD).

Baca Juga:
Deretan 5 Perusahaan Terbesar Dunia, Valuasi Apple Rp47 Kuadriliun Jelang Rilis iPhone 15, Saham Apple Naik tapi Ada Risiko Kehilangan Rp1.135 T

dalam setahun.

Perusahaan yang awalnya hanya bergerak di segmen komputer pribadi yang kemudian tumbuh secara eksponensial setelah sukses besar dengan masuk ke segmen ponsel dengan produk popular, termasuk iPhone, MacBook, dan AirPods.

Baca Juga:
Deretan 5 Perusahaan Terbesar Dunia, Valuasi Apple Rp47 Kuadriliun Meta hingga Apple, Ini 6 Perusahaan AI Terbesar di Dunia

Saat ini Apple kembali meluncurkan seri iPhone baru, yaitu iPhone 15 dan iPhone 15 plus yang dijual bersama iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max.

  1. Microsoft

Perusahaan terbesar kedua di dunia dengan kapitalisasi pasar USD2,43 triliun (Rp38.571 triliun) diduduki oleh Microsoft.

Popularitas sistem operasi Microsoft Windows membawa kesuksesan yang menghasilkan keuntungan besar bagi perusahaan.

Microsoft sempat menempati posisi pertama perusahaan terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar pada tahun 2021. Meskipun posisi tersebut telah direbut kembali oleh Apple, Microsoft tetap menjadi salah satu perusahaan dengan pendapatan terbesar senilai USD211,92 miliyar atau Rp3.364 triliun dalam setahun.

  1. Saudi Arabian Oil (Aramco)

Saudi Arabian Oil atau juga dikenal sebagai Aramco adalah perusahaan energi dan bahan kimia terintegrasi yang berkantor pusat di Darhan, Arab Saudi.

Perusahaan ini merupakan perusahaan terbesar ketiga di dunia dengan kapitalisasi pasar sebesar USD2,21 triliun atau senilai Rp35.079 triliun dan pendapatan sebesar Rp8.761 triliun (USD552,01 miliyar) dalam setahun.

Aramco dioperasikan oleh pemerintah Saudi dengan memegang 98,5% saham perusahaan. Aramco memiliki anak perusahaan di China, Jepang, Rusia, Amerika Serikat, Inggris Raya, dan banyak negara lainnya.

  1. Alphabet

Alphabet incorporation adalah sebuah perusahaan multinasional asal Amerika yang merupakan perusahaan induk dari Google dan beberapa anak perusahaan lainnya.

Perusahaan ini menawarkan berbagai teknologi dan layanan digital termasuk pencarian sistem informasi, smartphone android, layanan email Gmail, toko aplikasi Google Play, Youtube dan masih banyak lagi.

Alphabet adalah perusahaan terbesar keempat di dunia dengan kapitalisasi pasar USD1,73 triliun yang setara dengan Rp27.539 triliun dan menghasilkan pendapatan sebesar USD288,14 miliyar (Rp4.573 triliun) dalam setahun.

  1. Amazon.com

Amazon.com adalah sebuah perusahaan teknologi multinasional Amerika yang menempati urutan ke lima sebagai perusahaan terbesar di dunia dengan kapitalisasi pasar USD1,42 triliun atau sama dengan

Jeff yang merupakan orang terkaya di dunia mendirikan Amazon di garasinya pada tahun 1994.

Amazon awalnya berdiri sebagai perusahaan pasar online yang biasa menjual buku dan kemudian meluas dengan menjual hampir semua yang dibutuhkan di dunia saat ini seperti video game, pakaian, furnitur, komputer, dan elektronik. Amazon mencatat pendapat sebesar USD538,05 miliyar atau Rp8.540 triliun dalam setahun yang menjadikannya perusahaan internet terbesar di dunia berdasarkan pendapatan. (ADF)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.