Note

Dana Darurat dan Tabungan Harus Dipisahkan, Ini Penjelasannya

· Views 58

JAKARTA, KOMPAS.com - Orang yang sehat secara finansial tidak hanya memiliki uang, namun juga menabung uangnya. Ada banyak cara menabung, yang paling lazim adalah di tabungan.

Ada tabungan yang dimaksudkan untuk berbagai kebutuhan, misalnya untuk biaya pendidikan, uang muka rumah, liburan, dan sebagainya. Namun, ada juga tabungan yang berisi dana darurat, yang hanya digunakan saat keadaan darurat yang tidak diprediksi sebelumnya.

Sebaiknya, rekening tabungan dan dana darurat harus dipisahkan. Mengapa demikian? Dikutip dari Real Simple, Selasa (19/9/2023), berikut penjelasannya.

Baca juga: Dana Pernikahan, Pakai Tabungan atau Investasi?

Dana Darurat dan Tabungan Harus Dipisahkan, Ini PenjelasannyaSHUTTERSTOCK/FARKNOT ARCHITECT Ilustrasi tabungan, menabung.

Tujuan tabungan

Secara umum, rekening tabungan adalah rekening bank yang memungkinkan Anda menyimpan uang dengan aman dan biasanya menghasilkan bunga.

Orang-orang mendefinisikan rekening tabungan secara berbeda, kata Connor Brown, pakar keuangan pribadi dan pendiri After School Finance.

Beberapa orang percaya bahwa rekening tabungan hanya untuk menyimpan dana darurat. Namun, saya yakin rekening adalah tempat untuk menyimpan sebagian besar uang Anda, meskipun untuk dibelanjakan, imbuh Brown.

Rekening tabungan memberi individu tempat yang aman untuk menyimpan uang yang mungkin mereka perlukan untuk melakukan pembelian jangka pendek dan mendanai tujuan masa depan, tutur Eric Roberge, perencana keuangan bersertifikat dan pendiri Beyond Your Hammock.

Baca juga: Menabung Dana Darurat Vs Bayar Utang, Mana yang Harus Lebih Dulu?

Perbedaan tabungan dan dana darurat

Perbedaan rekening tabungan dan dana darurat terletak pada tujuan atau kegunaannya. Rekening tabungan adalah untuk tabungan tunai yang dapat Anda rencanakan.

Ini adalah tempat untuk mentransfer uang saat Anda mengumpulkan cukup uang untuk mencapai suatu tujuan atau untuk menyimpan uang tunai yang telah Anda simpan untuk pembelian jangka pendek yang Anda identifikasi sebelumnya, jelas Roberge.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.