Note

Pratinjau IHK Kanada: Prakiraan dari Lima Bank Besar, Lonjakan Inflasi Lagi

· Views 57
Bagikan:

Badan Statistik Kanada akan merilis data Indeks Harga Konsumen (IHK) bulan Agustus pada hari Selasa, 19 September pukul 12:30 dan seiring dengan semakin dekatnya waktu rilis, berikut ini adalah prakiraan dari para ekonom dan peneliti dari lima bank besar terkait data inflasi Kanada yang akan dirilis.

Inflasi utama diharapkan sebesar 3,8% tahun ke tahun vs 3,3% di bulan Juli. Jika demikian, inflasi utama akan meningkat selama dua bulan berturut-turut ke level tertinggi sejak April dan lebih jauh di atas target 2%. Pada skala bulanan, IHK terlihat berada di 0,2% vs. rilis sebelumnya 0,6%.

RBC Economics

Harga energi yang lebih tinggi akan mendorong pertumbuhan harga umum lebih tinggi. Kami mengharapkan tingkat 3,7% YoY di bulan Agustus, naik dari 3,3% di bulan Juli. Langkah-langkah inti yang disukai BoC mungkin akan lebih tinggi pada basis YoY karena 'efek dasar' tahun lalu yang lemah (kenaikan bulan ke bulan dalam langkah-langkah tersebut setahun yang lalu relatif kecil). Namun, laporan ini akan lebih berfokus pada tingkat pertumbuhan rata-rata tiga bulan terakhir untuk ukuran 'median', 'trim', dan trim services ex-shelter (kadang-kadang disebut 'super core'). Semua ini masih 'lengket' pada tingkat di atas batas atas target inflasi BoC. Namun kami tetap mengharapkan tanda-tanda pelemahan ekonomi akan merembet ke pertumbuhan harga yang lebih lemah selama sisa tahun ini – mencegah kenaikan suku bunga BoC.

NBF

Kenaikan harga bensin dapat diterjemahkan ke dalam kenaikan 0,2% pada IHK di bulan Agustus (sebelum penyesuaian musiman). Jika prediksi kami benar, maka tingkat inflasi 12 bulan akan naik dari 3,3% ke level tertinggi 4 bulan di 3,8%. Sama halnya dengan angka utama, ukuran-ukuran inti yang disukai oleh Bank of Canada akan meningkat di bulan ini, dengan IHK-med kemungkinan bergerak dari 3,7% ke 3,8% dan IHK-trim dari 3,6% ke 3,7%.

Citi

Kami mengharapkan kenaikan 0,4% MoM yang kuat pada IHK utama di bulan Agustus, dengan efek dasar yang mengimplikasikan pembacaan YoY naik menjadi 4,1%. Sebagian dari kenaikan di bulan Agustus akan disebabkan oleh kenaikan lebih lanjut pada harga energi. Kenaikan biaya hipotek dengan suku bunga yang lebih tinggi akan membantu mendukung harga hunian. Namun, risiko kenaikan yang paling besar pada IHK di bulan Agustus kemungkinan besar disebabkan oleh berbagai harga layanan. Elemen yang paling penting dari data inflasi bulan Agustus adalah ukuran inflasi inti. Tingkat inflasi inti tiga bulanan telah stabil di kisaran 3,5-4% selama setahun, mengimplikasikan bahwa ukuran tahunan juga akan tetap berada di sekitar kisaran ini di bulan Agustus. Inflasi tiga bulan yang lebih tinggi dapat dimengerti akan meningkatkan peluang kenaikan suku bunga BoC lebih lanjut, mungkin secepatnya di bulan Oktober.

CIBC

Lonjakan harga minyak yang membuat konsumen membayar lebih banyak di pom bensin pada bulan Agustus akan menjadi penyebab kenaikan IHK total bulanan sebesar 0,2% pada bulan tersebut. Hal ini akan meningkatkan tingkat inflasi tahunan menjadi 3,8%, diperbesar oleh angka tahun lalu yang lemah yang tidak diperhitungkan dalam perhitungan. Harga gas yang lebih tinggi akan menyisakan lebih sedikit uang untuk dibelanjakan di tempat lain, dan permintaan yang lebih lemah dapat terjadi pada kategori di luar makanan dan energi, meninggalkan harga makanan dan energi 12 bulan di 3,4%, dan memvalidasi penahanan Bank of Canada pada bulan September.

TDS

Kami mengharapkan IHK utama akan naik 0,2% MoM di bulan Agustus karena inflasi melonjak 0,5 poin menjadi 3,8% akibat kombinasi efek dasar dan harga energi yang lebih tinggi. Bensin dan produk energi lainnya akan berkontribusi ~0,2pp di bulan ini atau 0,1pp di basis tahun lalu, dengan yang terakhir membaik dari penurunan 0,6pp di bulan Juli. Dengan mengesampingkan dampak dari kenaikan harga energi, kami mengharapkan laporan bulan Agustus akan menunjukkan kemajuan yang moderat menuju 2%. Faktor penghambat musiman akan menahan harga makanan pada kenaikan kecil, dan kami juga melihat adanya kinerja yang lemah di seluruh barang-barang inti karena rumah tangga mengurangi pengeluaran diskresioner. Namun, perbaikan ini tidak mungkin diterjemahkan ke dalam tekanan inflasi inti yang lebih lembut dengan IHK-trim/median diharapkan naik 0,05 poin lebih tinggi menjadi 3,7% YoY (+0,1 poin untuk IHK-trim). Hal ini akan membuat tingkat inflasi inti 3 bulan bertahan di kisaran saat ini (3,5-4,0%), meskipun prakiraan kami akan melihat ukuran makanan/energi turun 0,1 poin menjadi 3,3% YoY.

Bagikan: Pasokan berita

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.