Note

OJK: Bursa Karbon akan Diluncurkan 26 September 2023

· Views 45
OJK: Bursa Karbon akan Diluncurkan 26 September 2023
OJK: Bursa Karbon akan Diluncurkan 26 September 2023. YouTube OJK

IDXChannel - Pemerintah akan meluncurkan Bursa Karbon pada 26 September 2023. Hal itu disampaikan Ketua Dewan Komisioner OJK Mahendra Siregar dalam Seminar Nasional dengan tema Pengurangan Emisi Gas Rumah Kaca dan Peluang Perdagangan Karbon di Indonesia.

"Rencananya peluncuran perdana Bursa Karbon akan dilakukan 26 September, minggu depan," kata dia, Senin (18/9/2023). 

Baca Juga:
OJK: Bursa Karbon akan Diluncurkan 26 September 2023 Penjelasan BEI soal Empat Mekanisme Pasar Perdagangan Bursa Karbon

Artinya, dia menjelaskan, semua proses yang mendukung keberhasilann dari perdagangan karbon melalui Bursa Karbon dari hulu, penyiapan kegiatan, penyiapan unit karbon, segala bentuk registrasi, verifikasi, sertifikasi, pembuktiaan keabsahan hingga perdagangan dan bagaimana menjaga perdagangan berhasil dengan baik itu akan resmi dimulai.

"Dan hasilnya bisa kembali direinvestasikan kepada upaya menjaga keberlanjutan lingkungan hidup dan dalam konteks mengurangi emisi karbon kita mulai. Itu adalah rencana dalam minggu depan," ujarnya.

Baca Juga:
OJK: Bursa Karbon akan Diluncurkan 26 September 2023 BEI akan Hadirkan Empat Market Bursa Karbon

Namun secara paralel, dia menuturkan, secara bersama-sama semua pihak harus meningkatkan diri terhadap pemahaman, pengetahuan dan kapasitas untuk membentuk ekosistem tersebut.

Adapun pemilihan provinsi dan kota untuk menyelenggarakan seminar dan mengimplementasikan Bursa Karbon, seperti Surabaya, Balikpapan, Makassar, Medan, dan Jambi karena terbukti menjadi salah satu daerah dengan sumber alam yang dapat mengurangi emisi karbon yang bisa langsung dimaterialisasikan.

Baca Juga:
OJK: Bursa Karbon akan Diluncurkan 26 September 2023 Mengenal Bursa Karbon Eropa, Begini Cara Kerjanya

"Baik yang saat ini sudah dilakukan dengan dukung semua pihak maupun industri, kerja sama dengan universitas, asosiasi dan stakeholder," ujarnya.

Adapun seminar ini digelar pada 18-19 September 2023 di Swiss-Belhotel Jambi. Acara ini menghadirkan sejumlah pembicara berkompenten dari pemerintah, BUMN hingga swasta. 

Baca Juga:
OJK: Bursa Karbon akan Diluncurkan 26 September 2023 Akui Bursa Karbon Rumit, OJK Bakal Belajar dari Inggris sampai Korea Selatan

(RNA)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.