Note

Dana Darurat: Sedia Payung Sebelum Hujan

· Views 67

FAKTA menunjukkan hanya 9,3 persen saja dari total keseluruhan penduduk Indonesia yang sudah memiliki dana darurat (lifePal, Januari 2021).

Kondisi ini cukup memprihatinkan karena ternyata belum banyak masyarakat Indonesia yang melakukan persiapan matang apabila dihadapkan kondisi darurat.

Hal ini menjadi relevan apabila dikaitkan dengan data OJK terkait literasi keuangan. Hanya 21,84 persen masyarakat Indonesia yang terkategori baik (well literate), yaitu kondisi di mana seseorang dinilai sudah benar memahami mengenai produk dan jasa keuangan, serta memiliki keterampilan dalam memanfaatkannya untuk mencapai stabilitas pendapatan.

Harus dipahami bahwa konsep dana darurat tidak dapat disamakan dengan konsep investasi. Dalam konsep investasi dikenal istilah penambahan hasil (return) yang mengandung risiko.

Sementara di dana darurat, bukan imbal hasil (return) yang dikedepankan, meskipun instrumen yang digunakan dimungkinkan memiliki return (ekspektasi dengan risiko rendah), akan tetapi lebih ditekankan kepada manfaatnya sebagai bantalan (buffer) dalam menghadapi risiko tidak terduga (darurat) ke depan.

Selain itu, di dalam konsep investasi juga dikenal beberapa aspek lainnya seperti risk profile, jangka waktu (timeline), dan tujuan.

Sebelum melakukan suatu pilihan investasi, individu terlebih dahulu harus memahami risk profile-nya (agresif, moderate atau konservatif), timeline investasi (jangka pendek, menengah atau panjang), dan tujuan melakukan investasi (untuk pendidikan atau pensiun).

Sementara di dana darurat, karena tujuan dari pemupukannya sebagai bantalan, maka aspek risk profile dan jangka waktu bukan menjadi mandatory.

Di konsep investasi, kita juga mengenal istilah sumber dana hari tua (nest egg) yang merupakan besaran dana yang akan menjadi sumber tingkat penghasilan pada masa datang.

Di dana darurat, konsepnya lebih sederhana, di mana hal pertama yang kita lakukan adalah menentukan terlebih dahulu jumlah yang diinginkan.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.