Note

Tiga Tips Gaya Hidup Frugal Secara Finansial agar Tak Tersiksa karena Terlalu Pelit

· Views 58

JAKARTA, KOMPAS.com - Belakangan tren gaya hidup frugal living, yakni gaya hidup hemat dengan mementingkan kebutuhan dibandingkan keinginan.

Frugal Living sendiri juga merupakan sebuah gaya hidup yang mengajarkan untuk lebih sadar dan bijak dalam mengatur keuangan, dengan pertimbangan dan analisis yang baik.

Lantas jika dengan hidup hemat, benarkah bisa membuat seseorang sehat secara finansial? Atau malah membuat mereka menjadi tersiksa karena terlalu pelit?

Baca juga: Terapkan Gaya Hidup Frugal Living Antistres dengan Langkah Berikut

Berdasarkan OCBC NISP Financial Fitness Index (FFI) 2023, 12 persen anak muda memiliki pengeluaran yang melebihi pendapatan. Hal ini menunjukkan bahwa masih banyak yang memang butuh perencanaan keuangan yang lebih baik. Apalagi mengingat bahwa 35 persen anak muda masih melakukan pengeluaran dalam jumlah besar yang impulsif.

Fakta FFI 2023 juga menyebutkan bahwa 33 persen anak muda sudah mengedukasi diri secara mandiri dalam hal finansial. Selain itu, 53 persen anak muda juga sudah semakin percaya diri dengan perencanaan finansial mereka, bahkan naik 11 persen dibandingkan tahun lalu.

"Dengan banyak anak muda yang sudah menerapkan frugal living, artinya mereka sudah sadar dengan pentingnya mengatur keuangan. Jadi, kalau kamu sudah menerapkan frugal living, you’re already on the right track, guys!" tulis OCBC NISP dalam artikel edukasinya.

Baca juga: Terapkan Frugal Living dari Sekarang, Cocok bagi Anak Muda!

Selanjutnya, apakah frugal living sama dengan pelit? Ya tidak juga. Kuncinya adalah, doing everything in moderation.

"Walaupun hidup dengan konsep frugal living, enggak perlu sampai terlalu pelit kok. Siapa bilang frugal living enggak bisa healing? Memenuhi kebutuhan lifestyle itu bukan hal negatif. Asal perencanaan keuangan sudah baik, Tidak Ada yang Tidak Bisa!"

Buat kamu yang ingin jadi frugalist juga, ada beberapa hal yang bisa kamu perhatikan dalam journey kamu agar alokasi bujet kamu tertata lebih rapi. Berikut tipsnya.

Baca juga: Arti Istilah “Frugal Living”, Bahasa Gaul yang Sering Dipakai di Medsos

1. Isi dulu dana darurat, penting nih!

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.