Note

Mesra dengan China, Negara Timur Tengah Masukkan Bahasa Mandarin ke Kurikulum Sekolah

· Views 57
Arab Saudi dan beberapa negara Timur Tengah lain memasukkan kurikulum Bahasa Mandarin (Foto: Reuters)

RIYADH, iNews.id - Minat belajar Bahasa Mandarin di negara Barat mulai menurun. Namun, fenomena berbeda terjadi negara-negara Timur Tengah.

Arab Saudi, negara Arab terbesar di Timur Tengah memerintahkan pelajaran Mandarin di semua sekolah menengah negeri dan swasta sejak tahun ini. Setiap kelas akan didampingi fasilitator yang ahli Mandarin.

"Saya pikir China adalah kekuatan yang sedang muncul yang tidak boleh diabaikan," kata pengajar Mandarin di Arab Saudi Ma Yoangliang, seperti dikutip dari CNA, Minggu (17/9/2023).

Ma percaya bahwa menguasai bahasa yang paling banyak digunakan di dunia ini akan memberi keuntungan bagi warga Arab Saudi.

Bahasa Mandarin mulai masuk ke kurikulum usai Pangeran Mahkota Mohammed bin Salman ke Beijing pada 2019. Kesepakatan tersebut merupakan langkah signifikan dalam dorongan budaya global China.

Fan Hongda, seorang profesor di Institut Studi Timur Tengah Universitas Studi Internasional Shanghai, mengatakan bahwa minat yang semakin meningkat dalam mempelajari bahasa Mandarin mencerminkan hubungan diplomatik yang semakin mesra.

"Di ekonomi maju di Barat, hasrat untuk mempelajari Mandarin telah menurun secara dramatis. Sedangkan di Arab Saudi, Iran, dan Uni Emirat Arab telah meningkat," kata Fa.

Uni Emirat Arab, dengan jumlah penduduk 9,3 juta jiwa merupakan  negara Teluk pertama yang menyertakan bahasa Mandarin dalam sistem pendidikan nasionalnya.

Dengan bantuan Beijing, Uni Emirat Arab memulai program bahasa China di 100 sekolah pada tahun 2019 yang diperluas tahun lalu menjadi 158 sekolah.

Pada tahun 2020, Mesir menandatangani nota kesepahaman dengan China untuk mengadopsi Mandarin sebagai mata pelajaran bahasa asing kedua yang dapat diajarkan di sekolah dasar dan menengah.

Presiden Iran Ebrahim Raisi juga menyetujui undang-undang yang menambahkan bahasa Mandarin ke dalam daftar bahasa asing yang dapat diajarkan di sekolah pada Juli lalu.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.