Note

Cara Bayar Tilang Elektronik Melalui Bank BCA dengan Mudah

· Views 39

JAKARTA, KOMPAS.com - Cara bayar tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) dapat dilakukan melalui berbagai metode pembayaran. Bagi nasabah Bank Central Asia (BCA), bayar denda tilang elektronik bisa melalui layanan KlikBCA, KlikBCA Bisnis, dan ATM BCA.

Seperti diketahui, tilang elektronik atau ETLE telah diterapkan di berbagai daerah di Indonesia. Tilang elektronik memberikan jaminan penerapan hukum yang sama bagi seluruh pihak dalam berlalu lintas.

Sistem ETLE menggunakan teknologi seperti pantauan lalu lintas dan perangkat elektronik untuk mendeteksi pelanggaran lalu lintas. 

Baca juga: Mantan Kepala BKPM Theo Toemion Tutup Usia

Ada beberapa jenis pelanggaran yang bisa direkam kamera ETLE, di antaranya menggunakan ponsel saat berkendara, tidak menggunakan sabuk pengaman, pengguna sepeda motor tak menggunakan helm, dan lain sebagainya

 

Data yang terekam oleh kamera ETLE atau perangkat lain, kemudian diidentifikasi untuk menentukan jenis kendaraan sesuai alamat di STNK. 

Selanjutnya, petugas akan mengirimkan surat konfirmasi ke alamat publik kendaraan bermotor untuk permohonan konfirmasi atas pelanggaran yang terjadi.

Baca juga: Panduan Harga Pasang Iklan di Instagram, Minat Mencoba?

Pemilik kendaraan wajib mengkonfirmasinya dalam batas waktu 8 hari sejak terjadinya pelanggaran, baik secara online melalui laman resmi https://etle-pmj.info/id/confi... maupun datang secara langsung ke kantor Sub Direktorat Penegakan Hukum.

Surat konfirmasi ini bukanlah surat tilang, melainkan langkah awal dari penindakan tilang. Pemilik kendaraan dapat memasukkan nomor referensi pelanggaran dan nomor polisi/NRKB. 

Jika tidak dilakukan konfirmasi, dapat mengakibatkan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) terblokir sementara.

Selanjutnya, petugas akan menerbitkan tilang untuk pembayaran denda dengan batas waktu pembayaran 15 hari.

Baca juga: Dokumen CPNS 2023 Pakai Meterai Elektronik, Ini Cara Pasangnya

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.