Note

Warga Berharap Tarif Kereta Cepat Jakarta-Bandung Tidak Terlalu Mahal

· Views 76

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Cepat Indonesia-Cina (KCIC) pada hari ini (15/9/2023), mengajak masyarakat untuk mengikuti uji coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) mulai dari Stasiun Halim hingga ke Tegalluar (pulang-pergi/pp).

Salah satu warga yang mengikuti uji coba tersebut, Ida Farida berharap agar tarif Kereta Cepat Jakarta-Bandung dibanderol sebesar Rp 200.000. Meski dia mengetahui, pemerintah ingin mematok harga sebesar Rp 250.000.

"Kalau ibu-ibu rumah tangga ingin tuh bisalah Rp 200.000an, nego-nego," ucapnya kepada Kompas.com, Jumat.

Baca juga: Kesan Warga Naik Kereta Cepat: Senyap dan Minim Guncangan

Pasalnya, selama ini perjalanan dia ke Bandung selalu menggunakan mobil pribadi yang menghabiskan dana lebih dari Rp 500.000 pulang-pergi, sudah termasuk uang tol.

Namun, untuk pilihan ke Bandung jika bersama keluarga atau ramai, dia justru lebih memiliih menggunakan kendaraan pribadi. Terkecuali terdesak dan butuh waktu sampai yang cepat, kereta cepat bisa jadi pilihan.

"Biasanya saya ke Bandung sama keluarga pakai mobil pribadi. Tolnya itu yang mahal, kalau bensinnya irit karena mobil saya hemat bensin. Kereta cepat ini lebih cocok sendiri dan butuh cepat sampai. Kalau ramai-ramai, lebih pilih naik mobil, karena ibu-ibu biasalah suka belanja, apalagi Bandung kan tahu sendiri," ungkap Ida.

Dalam kesempatan yang sama, Maya yang juga merupakan warga Kecamatan Halim juga menginginkan hal serupa dengan Ida.

Dia berharap kepada pemerintah agar tarif Kereta Cepat Jakarta-Bandung tidak dipatok mahal.

"Mungkin sih untuk pemerintah agar tiketnya jangan terlalu mahal juga, supaya semua masyarakat dari kalangan manapun bisa coba," ucap Maya.

Sebab, moda transportasi tersebut bisa jadi pilihan orang bepergian ke Bandung tanpa terjebak macet dan menghabiskan waktu yang lama di jalanan.

Baca juga: Uji Coba Kereta Cepat Dimulai: Kuota 2.200 Kursi, Khusus Warga Sekitar, dan Gratis

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.