Note

Bolehkah Menggunakan Dana Darurat untuk Bayar Utang?

· Views 57

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi sebagian orang, keluar dari jeratan utang mungkin adalah prioritas. Ini terutama jika sudah terlilit utang selama beberapa tahun dan ada beban bunga yang tinggi.

Bila Anda sedang berusaha untuk membayar utang, apakah bisa menggunakan dana darurat yang sudah ditabung untuk melunasinya?

Dikutip dari CNBC, Jumat (15/9/2023), banyak orang ingin melunasi utang sesegera mungkin karena melunasi utang berarti menghemat biaya bunga.

Baca juga: 3 Hal yang Harus Dilakukan Setelah Menggunakan Dana Darurat

Bolehkah Menggunakan Dana Darurat untuk Bayar Utang?SHUTTERSTOCK/TINNAKORN JORRUANG Ilustrasi dana darurat, menabung dana darurat.

Kenyataannya adalah, membayar bunga terkadang dapat membuat Anda merasa seperti Anda mengambil satu langkah maju dan dua langkah mundur.

Semakin cepat Anda melunasi utang, semakin sedikit uang yang harus Anda keluarkan untuk biaya bunga.

Hal menarik dalam hal melunasi utang dengan cepat adalah Anda bisa mengarahkan uang ke tujuan lain.

Dalam studi 2020 Planning & Progress Study yang dilakukan Northwestern Mutual ditemukan bahwa 58 persen responden yang memiliki utang merasa bahwa utang itu menghalangi mereka untuk mencapai pencapaian finansial yang besar.

Baca juga: Dana Darurat Tidak Boleh Diinvestasikan, Kenapa?

Dari responden tersebut, 36 persen menunda melakukan pembelian dalam jumlah besar, 29 persen mengatakan mereka menunda menabung untuk masa pensiun, 18 persen menunda membeli rumah, 8 persen menunda memiliki anak, dan 7 persen menunda pernikahan.

Jadi, kemampuan untuk akhirnya mencapai tujuan keuangan tertentu dapat menjadi pendorong penting dalam melunasi utang secara agresif.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.