Note

Uji Coba Kereta Cepat Dimulai, Kemenhub Minta KCIC Asuransikan Penumpang yang Ikut

· Views 42
Kereta cepat uji coba pada hari ini. Kemenhub meminta KCIC memberikan asuransi kepada penumpang yang mengikutinya (ist)

JAKARTA, iNews.id – Uji coba terbatas Kereta Cepat Jakarta-Bandung resmi dilaksanakan. Hal itu sesuai Surat Persetujuan Uji Coba Operasi Terbatas Kereta Cepat Jakarta-bandung (KCJB) yang dirilis Kamis (14/09) oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan.

Melalui surat itu, DJKA meminta agar pihak Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC)  menjamin keselamatan penumpang yang akan mengikuti uji coba terbatas ini sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Menurut Direktur Jenderal Perkeretaapian, Risal Wasal menyebutkan bahwa aspek-aspek keselamatan sesuai dengan Sistem Manajemen Keselamatan Perkeretaapian (SMKP)   harus dipenuhi oleh KCIC.

“Kami mensyaratkan Presiden Direktur PT KCIC agar menjamin dan bertanggung jawab penuh terhadap keselamatan pengoperasian perjalanan KCJB dan pemenuhan SMKP selama masa uji coba terbatas,” ucap Risal dikutip Jumat (15/9/2023).

Tak cuma itu, melalui surat pernyataan dari Presiden Direktur PT KCIC, Risal juga mensyaratkan agar seluruh penumpang yang akan mengikuti uji coba terbatas KCJB diasuransikan.

Sebelum uji coba operasi terbatas KCJB diselenggarakan, Risal juga menekankan agar PT KCIC dapat memberi kepastian dan kecukupan SDM dan SOP pengoperasian, pemeriksaan, dan perawatan.

"Kami juga mensyaratkan agar kesiapan uji coba operasi ini harus didukung juga oleh hasil uji independen yang meliputi Uji Statis, Uji Dinamis, Final Acceptance Test dan Operation Safety Assessment yang wajib dilampirkan pada surat pernyataan dari Project Director High Speed Railway Contractor Consortium (HSRCC),” katanya.

Risal menegaskan bahwa jika persyaratan yang diajukan oleh DJKA tidak dipenuhi, maka pihaknya akan menghentikan kegiatan uji coba sampai dengan persyaratan dipenuhi oleh pihak KCIC.

“Apabila dalam pelaksanaan uji coba, PT KCIC tidak dapat memenuhi persyaratan yang kami tetapkan, maka uji coba terbatas ini batal demi hukum dan pelaksanaan uji coba terbatas ini akan segera kami hentikan sampai keseluruhan persyaratan dipenuhi kembali,” ujar dia.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.