Note

Riset: Indonesia Raih Peringkat Ke-7 Basis Pembeli Produk Halal Terbesar

· Views 56

JAKARTA, KOMPAS.com - Platform e-commerce B2B Alibaba menyebut, Indonesia menempati peringkat ke-7 sebagai negara dengan basis pembeli produk halal terbesar di dunia.

Temuan tersebut ada dalam Laporan Industri Halal Alibaba.com 2023 yang bekerja sama dengan Malaysia External Trade Development Corporation (MATRADE).

Laporan tersebut bertujuan memaparkan tren industri bisnis terbaru bagi para penjual di platform Alibaba.com. Laporan ini mencakup analisis tentang tren konsumsi global dan perkembangan produk Halal dalam pasar e-commerce B2B.

Adapun posisi pertama sampai keenam ditempati oleh Amerika Serikat, Pakistan, Bangladesh, Mesir, Inggris, dan Arab Saudi.

Baca juga: Sri Mulyani Sebut Industri Halal Bisa Dongkrak PDB Indonesia Rp 78,03 Triliun

Tidak hanya menonjol sebagai negara dengan basis pembeli yang besar, Indonesia juga diakui sebagai salah satu pemasok utama produk halal karena memiliki warisan Islam yang kaya dan pemahaman budaya.

Alibaba.com Halal Industry Report 2023 menggarisbawahi beberapa temuan dari analisis tren dan pola pembelian konsumen di seluruh dunia. Itu dapat bermanfaat bagi para pengusaha Indonesia yang ingin memasuki pasar global.

Berdasarkan laporan Alibaba.com, Head of Southeast Asia, Alibaba.com Roger Luo memaparkan produk halal yang mencatatkan pertumbuhan tertinggi dari segi pembelian adalah pakaian tradisional muslim, syal, skincare, dan cemilan halal.

Naiknya permintaan terhadap pakaian muslim ini didorong oleh populasi muslim yang terus bertambah dan keinginan untuk berpakaian sopan sesuai budaya.

Selain itu, pembelian kerudung dan syal juga mengalami peningkatan. Peningkatan tidak hanya di kalangan wanita muslim, tetapi juga di kalangan non-Muslim yang menyukai gaya dan fleksibilitas dari syal sebagai aksesoris.

Baca juga: Ekonom: Ditopang Kelas Menengah, Industri Halal Indonesia Harus Jadi Hub Global

Sementara itu di industri perawatan kulit, permintaan akan produk bersertifikat halal ikut naik seiring dengan keinginan pembeli untuk menggunakan opsi yang alami dan natural.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.