Note

Data Hukum Pemrosesan Data Pribadi yang Harus Dipenuhi Korporasi

· Views 52

DATA pribadi memiliki dua sisi. Pertama, sebagai instrumen paling dasar untuk pelayanan publik dan layanan entitas bisnis bagi pelanggannya.

Tanpa data pribadi yang benar, layanan tidak akan oprimal, atau bahkan mungkin tak dapat dilakukan sama sekali. Dalam hal ini data pribdi adalah kunci dari layanan.

Kedua, di sisi lain data pribadi juga rawan dijadikan sebagai instrumen awal modus kejahatan. Data pribadi ibarat anak kunci yang bisa digunakan membuka pintu, atau perkakas untuk membobol brankas korbannya.

Lebih jauh, jatuhnya data pribadi kepada pihak tak berhak atau beritikad buruk, juga bisa menjadi alat penipuan, penyerangan kehormatan, perundungan, pelecehan, bahkan mengancam keselamatan korbannya.

Realitas inilah yang membuat berbagai negara membuat regulasi tentang pelindungan data pribadi. Indonesia telah memiliki UU No. 27 Tahun 2022 Tentang Pelindungan Data Pribadi atau yang dikenal dengan UU PDP.

UU PDP seperti halnya regulasi di berbagai negara, diproyeksikan untuk mendukung semua proses bisnis dan layanan publik berbasis data pribadi, dengan tetap menjaga keamanan data, dan melindungi hak-hak dasar dari setiap orang sebagai subjek data pribadi.

Di sinilah pentingnya peran Otoritas Pelindungan Data Pribadi yang akan dibentuk sebagai lembaga negara yang akan mengawasi dan sekaligus menjadi regulator PDP nasional.

Regulasi tentang data pribadi pada dasarnya harus menerapkan prinsip proporsionalitas. Artinya jangan sampai karena ingin mendorong bisnis dan layanan, tetapi mengorbankan keamanan data.

Demikian juga, jangan sampai karena alasan melindungi hak-hak subjek data pribadi secara rigid, kita kemudian membuat regulasi turunan dan kebijakan yang justru menyebabkan badan publik Pemerintah tidak dapat memberikan layanan terbaiknya.

Begitu juga jangan sampai industri sulit mengelola data dan mengembangkan pemanfaatan data sebagi new oil.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.