Note

Ada Peran Sinarmas Sekuritas di Balik Transaksi Jumbo Saham FREN Rp1 Triliun

· Views 76
Ada Peran Sinarmas Sekuritas di Balik Transaksi Jumbo Saham FREN Rp1 Triliun
Ada Peran Sinarmas Sekuritas di Balik Transaksi Jumbo Saham FREN Rp1 Triliun

IDXChannel - Berdasarkan data broker summary pada Kamis (14/9/2023) menunjukkan ada pihak Sinarmas Sekuritas yang memfasilitasi transaksi bersih saham PT Smartfren Telecom Tbk (FREN) di pasar negosiasi mencapai Rp1,09 triliun.

Transaksi ini tergolong crossing saham, yang memiliki volume saham sama, dengan harga serupa. Transaksi yang seringnya disebut transaksi tutup sendiri ini merupakan kesepakatan dua pihak dengan difasilitasi oleh anggota bursa (sekuritas) yang sama.

Baca Juga:
Ada Peran Sinarmas Sekuritas di Balik Transaksi Jumbo Saham FREN Rp1 Triliun Investor Misterius Borong Saham FREN Rp1 Triliun di Pasar Nego

Broker saham berkode DH itu memfasilitasi transaksi sebanyak dua kali pada pukul 10.47 dan 10.49 waktu JATS. Volume bersih saham yang ditransaksikan mencapai 915.098.112 lembar saham FREN.

Secara rinci, transaksi pertama melangsungkan pembelian sebanyak 1,50 miliar lembar, sementara transaksi kedua sebesar 589,93 juta lembar. Diketahui, penadah/pembeli merupakan investor dengan kode asing (foreign).

Baca Juga:
Ada Peran Sinarmas Sekuritas di Balik Transaksi Jumbo Saham FREN Rp1 Triliun Sinyal Merger Makin Kuat, Saham FREN Cocok untuk Speculative Buy?

Transaksi diselesaikan senilai Rp79 per saham, yang notabene harga premium FREN karena berada di atas harga pasar reguler FREN sepanjang Kamis (14/9) yang bergerak di level Rp60-Rp67 per saham.

Harga ini juga terhitung paling tinggi sepanjang 2023, mengingat saham FREN terakhir menyentuh harga Rp79 pada 15 November 2022.

Baca Juga:
Ada Peran Sinarmas Sekuritas di Balik Transaksi Jumbo Saham FREN Rp1 Triliun Terjadi Crossing 15,75 Juta Saham DSSA di Bawah Harga Pasar Pasar

Siapa Pelakunya?

Hingga Kamis (14/9) pukul 19.18 WIB, belum ada keterbukaan informasi dari manajemen PT Smartfren Telecom Tbk (FREN). Terakhir, manajemen hanya melaporkan realisasi konversi waran FREN (FREN-W2) yang masih berlangsung hingga 27 April 2026.

Namun, jika menilik riwayat transaksi jumbo sebelumnya yang juga difasilitasi DH, maka keluar nama PT Dian Swastatika Sentosa Tbk (DSSA).

Diketahui, emiten tambang Sinarmas itu menambah kepemilikannya di FREN sebanyak 26,25 miliar pada 12 September 2023. Alhasil, portofolio DSSA di tubuh FREN menggemuk menjadi 44,98 miliar lembar atau 13,41 persen, dari semula 18,7 miliar atau setara 5,58 persen.

(RNA)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.