Note

Belasan Ribu Karyawan Kereta Api Korsel Mogok Kerja, Minta Kenaikan Gaji

· Views 39
Kereta Korail Class 311000 yang dioperasikan di Korea Selatan (ilustrasi). (Foto: Mtattrain/Wikimedia)

SEOUL, iNews.id – Sekitar 13.000 karyawan kereta api di Korea Selatan melancarkan aksi mogok kerja selama empat hari pada Kamis (14/9/2023). Ini adalah unjuk rasa pertama mereka dalam empat tahun terakhir. 

Reuters melansir, demonstrasi para pekerja itu dapat memangkas operasional kereta penumpang dan kargo hingga 60 persen di tengah melonjaknya permintaan akan angkutan umum menjelang hari libur besar di negeri ginseng.

Para karyawan yang tergabung dalam Serikat Pekerja Kereta Api Korea menuntut kenaikan gaji. Mereka juga meminta pembaruan sistem kerja serta perluasan layanan kereta peluru KTX hingga mencakup rute-rute yang menguntungkan seperti di selatan Seoul.

Aksi mogok tersebut menyusul gagalnya negosiasi antara serikat pekerja, Kementerian Perhubungan Korsel, dan Korea Railroad Corp (KORAIL)—selaku operator kereta api milik negara—pada Rabu (13/9/2023) malam. Menurut rencana, unjuk rasa tersebut baru akan berakhir pada jam 09.00 pagi pada Senin (18/2023) nanti.

Kementerian Perhubungan Korsel memperkirakan kereta kargo hanya akan beroperasi pada 21 persen hinga 47 persen dari kapasitas normalnya. Walaupun begitu, dampak besar terhadap bisnis di negeri itu tidak mungkin terjadi lantaran barang-barang ekspor utama Korsel seperti semikonduktor tidak bergantung pada kereta api.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.