Note

Kelebihan Investasi Jangka Pendek, Termasuk Soal Fleksibilitas

· Views 51
Kelebihan Investasi Jangka Pendek, Termasuk Soal Fleksibilitas
Kelebihan Investasi Jangka Pendek, Termasuk Soal Fleksibilitas. (Foto: MNC Media)

IDXChannel - Kelebihan investasi jangka pendek penting untuk diketahui terutama bagi para investor pemula yang akan memulai menanam modal saham. Untuk orang-orang yang kesulitan dalam memenuhi kebutuhan harian, investasi pendek dapat menjadi solusi yang menarik.

Keuntungan dalam investasi jangka pendek bisa dijadikan dana darurat untuk memenuhi kebutuhan saat ini. Investor dapat dengan mudah mencairkan aset investasi menjadi uang tunai yang sifatnya mendadak.

Baca Juga:
Kelebihan Investasi Jangka Pendek, Termasuk Soal Fleksibilitas Dorong Investasi, SKK Migas Kumpulkan Pemangku Kepentingan Hulu Migas di ICIOG 2023

Dilansir dari berbagai sumber pada Kamis (14/9/2023), IDX Channel telah merangkum kelebihan investasi jangka pendek, sebagai berikut.

Kelebihan Investasi Jangka Pendek

1. Tidak Membutuhkan Modal yang Besar

Baca Juga:
Kelebihan Investasi Jangka Pendek, Termasuk Soal Fleksibilitas Harum Energy (HRUM) Tambah Kepemilikan Saham di Anak Usaha Investasi Nikel

Investasi jangka pendek kebanyakan tidak membutuhkan modal besar, namun akan memperoleh hasil yang lebih cepat dibandingkan investasi jangka panjang. Hasil yang lebih cepat ini bisa langsung dinikmati hanya beberapa saat setelah investasi.

2. Bisa Disimpan sebagai Dana Darurat

Baca Juga:
Kelebihan Investasi Jangka Pendek, Termasuk Soal Fleksibilitas 10 Daftar Saham Perbankan dengan NPM Besar: Laba Potensial, Cocok untuk Investasi

Dana darurat umumnya dibiarkan tersimpan jika belum dibutuhkan. Daripada menyimpannya dalam tabungan biasa, menginvestasikannya dalam jangka pendek dapat menjadi pilihan yang lebih menguntungkan.

3. Bisa Dipakai sebagai Tabungan

Baca Juga:
Kelebihan Investasi Jangka Pendek, Termasuk Soal Fleksibilitas Konflik Pulau Rempang Berdampak Investasi

Dengan menyimpan dana di instrumen investasi jangka pendek, investor tidak perlu khawatir, karena berkesempatan untuk mendapatkan keuntungan dari kenaikan nilai investasi berdasarkan dana khusus yang telah dialokasikan setiap bulannya. 

4. Cocok bagi Investor Pemula

Investasi jangka pendek dapat menjadi instrumen yang cocok bagi pemula. Selain tidak menawarkan berbagai keuntungan di atas, investasi jangka panjang juga memiliki risiko lebih tinggi.

5. Memperoleh Keuntungan yang Lebih Cepat

Keuntungan lain dari investasi jangka pendek yakni Anda bisa mendapatkan pengembalian yang substansial. Dengan jangka waktu 1 hingga 12 bulan, besar kemungkinan investasi jangka pendek menawarkan tingkat keuntungan yang lebih cepat.

Mendapatkan keuntungan dalam jangka waktu pendek memudahkanmu mengalokasikan dana ke instrumen investasi jangka pendek maupun jangka panjang demi meningkatkan penghasilan. 

6. Adanya Fleksibilitas

Apabila Anda membutuhkan dana untuk urusan mendadak, investasi jangka pendek menawarkan solusi fleksibilitas untuk mencairkan keuntungan atau sebagian modal dengan lebih cepat. 

Namun, penting untuk memperhatikan jenis investasi yang dipilih. Untuk mencairkan saham atau obligasi, Anda perlu menjualnya kembali. Sementara itu, jika ingin mencairkan deposito sebelum jatuh tempo, hal tersebut memungkinkan tetapi akan dikenakan penalti.

Itulah informasi terkait kelebihan investasi jangka pendek, semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk selalu terus update berita terkini Anda seputar bisnis dan ekonomi hanya di IDX Channel.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.