Note

IHSG Diprediksi Bergerak ke 6.954, Simak Rekomendasi Saham Hari Ini

· Views 52
IHSG Diprediksi Bergerak ke 6.954, Simak Rekomendasi Saham Hari Ini
Ilustrasi harga saham - Foto: dok. CNMA
Jakarta

Harga saham dalam beberapa hari terakhir bergerak fluktuatif. Mengutip Financial Expert Ajaib Sekuritas pada perdagangan kemarin (13 September 2023) IHSG ditutup menguat sebesar +0,02% atau +1,50 poin di level 6.935,47. IHSG hari ini diprediksi bergerak mixed dalam range 6.905 - 6.954.

Adapun sentimen yang mempengaruhi pergerakan IHSG hari ini antara lain,Motorbike Sales Indonesia tercatat 1,8% YoY pada periode Agustus 2023 menjadi 534,4 ribu unit. Level tersebut lebih rendah dibanding periode sebelumnya yang tercatat 45,6% YoY. The Association of Indonesia Motorcycle Industry memproyeksikan penjualan domestik dapat meningkat menjadi 5,6-5,8 juta unit pada tahun 2023.

Dari mancanegara, Inflasi Amerika Serikat dilaporkan tumbuh 3,7% YoY pada periode Agustus 2023, lebih tinggi dibandingkan periode sebelumnya 3,2% YoY, secara bulanan inflasi tercatat tumbuh 0,6% MoM, meningkat dibanding periode sebelumnya 0,2% MoM. Adapun, inflasi inti tercatat menurun di level 4,3% YoY, turun dibanding periode sebelumnya yang tercatat di level 4,7% MoM.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Saham-saham pilihan Ajaib Sekuritas

EXCL berpotensi reversal dari bearish jangka pendek membentuk pola piercing dan bergerak di atas MA 5. Indikator stochastic bergerak naik dan MACD bar histogram pada fase akumulasi. EXCL sepanjang tahun 2023 menganggarkan belanja modal (Capex) senilai Rp8 riliun, dimana per Juni 2023 telah terealisasikan 39,7% atau Rp3,15 triliun. Capex tersebut dialokasikan untuk ekspansi jaringan. Hingga Juni 2023, jumlah BTS EXCL mencapai 150.261 dengan koneksi jaringan fiber optik mencapai 59%.

ADMR secara major uptrend di atas MA (20,100). Berpotensi reversal dari bearish jangka pendek. Indikator MACD bar histogram di level positif. ADMR berhasil mendapatkan pendanaan untuk membangun smelter aluminium di Kalimantan Utara, dimana pada fase pertama kapasitas produksi akan mencapai 500 ribu ton per tahun. Adapun ADMR menargetkan volume penjualan batubara metalurgi mencapai 3,8-4,3 juta ton di tahun 2023, dimana per Juni 2023 telah terealisasi sebesar 1,82 juta ton.

SILO bullish, pergerakan harga di atas MA(5,20,100). Indikator stochastic bergerak naik dan MACD bar histogram melemah terbatas dalam momentum akumulasi.

Pemerintah merencanakan anggaran RAPBN tahun 2024 untuk sektor kesehatan sebesar Rp186,4 triliun, naik dari alokasi APBN tahun 2023 sebesar Rp178,7 triliun. Anggaran tersebut di fokuskan untuk melakukan transformasi sektor kesehatan. Adapun Per Juni 2023 SILO membukukan pendapatan Rp5,28 triliun atau tumbuh 19,5% yoy dan laba bersih melesat 139% yoy jadi Rp503,36 miliar.

Disclaimer: Investasi saham mengandung risiko dan seluruhnya menjadi tanggung jawab pribadi. Ajaib Sekuritas membuat informasi ini melalui riset internal perusahaan, tidak dipengaruhi pihak manapun, dan bukan merupakan rekomendasi, ajakan, usulan ataupun paksaan untuk melakukan transaksi jual/beli Efek. Harga saham berfluktuasi secara real-time. Harap berinvestasi sesuai keputusan pribadi.

Mirae Asset Sekuritas

Mirae Asset Sekuritas Indonesia dalam risetnya menjelaskan IHSG ditutup naik 0,02% pada perdagangan Rabu. Sektor Energi dan Bahan Baku memimpin kenaikan dengan saham-saham seperti MEDC, PGAS dan ESSA. Investor asing melakukan penjualan bersih senilai Rp 1,76 triliun dimana terjadi transaksi di pasar nego sebesar Rp 1,1 triliun pada saham DSSA, sedangkan di pasar regular penjualan investor asing diantaranya pada saham BBCA, BBRI dan TLKM.

Bursa US ditutup beragam pada perdagangan Rabu. Dow turun 0,20%, S&P naik 0,12% dan Nasdaq naik 0,29%. Data inflasi US untuk bulan Agustus tercatat 3,7% YoY dibanding bulan sebelumnya 3,2% dan berada di atas konsensus 3,6%.

Inflasi bulanan tercatat 0,6% dibanding sebelumnya 0,2%. Untuk inflasi inti bulan Agustus tercatat 4,3% YoY dibanding bulan sebelumnya 4,7%. Penurunan tren inflasi inti membuat investor memprediksi the Fed akan mempertahankan suku bunga di level 5,5%. Menteri ESDM menolak rencana kenaikan harga gas industri pada bulan Oktober yang di ajukan oleh Perusahaan Gas Negara (PGAS).

*CUAN +8,29%. Emiten batu bara milik konglomerat Prajogo Pangestu, PT Petrindo Jaya Kreasi Tbk (CUAN)) mengakuisisi sebanyak 85% saham PT Silika Salut Jaya (SSJ) yang merupakan perusahaan tambang mineral pasir silika. Akuisisi SSJ dilakukan lewat anak usaha CUAN yakni PT Prima Mineral Investindo (PMI).

*PTPP +8,27%. Buntut masalah hukum yang menerpa PT PP Tbk (PTPP), PT Bursa Efek Indonesia (BEI) telah menyematkan notasi khusus untuk saham PTPP. Notasinya adalah M yang berarti adanya permohonan penundaan kewajiban pembayaran utang (PKPU). Informasi tersebut disampaikan BEI dalam siaran persnya di Jakarta, kemarin.

*UNTR +0,36%. Sebagai bentuk komitmen dalam mewujudkan Indonesia bebas emisi, PT United Tractors Tbk (UT) atau (UNTR) memperkenalkan produk New 20 Ton Class Electric Excavator di acara pameran Mining Indonesia 2023, yang berlokasi di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta Pusat.

*PMJS -2,56%. Kinerja keuangan PT Putra Mandiri Jembar Tbk (PMJS) melesu di semester I-2023. Turunnya angka penjualan membuat laba bersih PMJS ikut merosot dibandingkan periode sama tahun lalu. Merujuk laporan keuangan yang dikutip pada Selasa (12/9), laba bersih periode berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk PMJS tercatat sebesar Rp 104,52 miliar pada semester pertama 2023 lalu.

(kil/kil)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.