Note

Siap Gelar Bursa Karbon, BEI Siapkan Empat Mekanisme Perdagangan

· Views 59
Siap Gelar Bursa Karbon, BEI Siapkan Empat Mekanisme Perdagangan
Siap Gelar Bursa Karbon, BEI Siapkan Empat Mekanisme Perdagangan. Foto: MNC Media.

IDXChannel - Bursa Efek Indonesia (BEI) sudah mempersiapkan diri untuk menjadi penyelenggara Bursa Karbon. Sejumlah langkah sudah dilakukan, termasuk mekanisme perdagangan yang akan berlangsung nanti.

Direktur Utama BEI, Iman Rachman, membeberkan, sudah menyiapkan empat ruang perdagangan usai terbentuknya Bursa Karbon. Keempatnya adalah, Pasar Reguler, Pasar Lelang, Pasar Negosiasi, serta Marketplace.

Baca Juga:
Siap Gelar Bursa Karbon, BEI Siapkan Empat Mekanisme Perdagangan Soal Bursa Karbon, Wamenkeu: Jangan Cuma Kita Listing di Luar, Beli di Indonesia

"Kami akan siapkan tidak hanya satu, tapi empat, pasar reguler, negosiasi, aunction atau lelang, lalu ada marketplace," papar Iman pada The Cooler Earth Sustainability Summit yang dihelat CIMB Niaga di Jakarta, Rabu (13/09/2023).

masing masing pasar akan memiliki fungsi dan manfaatnya sendiri bagi penjual maupun pembeli karbon, di mana hal yang diperdagangkan adalah sertifikat yang diterbitkan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Baca Juga:
Siap Gelar Bursa Karbon, BEI Siapkan Empat Mekanisme Perdagangan Akui Bursa Karbon Rumit, OJK Bakal Belajar dari Inggris sampai Korea Selatan

"Pembeli akan terdaftar sebagai pengguna, dan pemilik akan menjadi penjual. Sertifikat pengurangan emisi akan dijual melalui SRE dan diperdagangkan," papar Iman.

Halaman : 1 2

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.