Note

Lanjutkan Momentum, Saham AMMN Naik Lagi, sampai Kapan?

· Views 56
Lanjutkan Momentum, Saham AMMN Naik Lagi, sampai Kapan?
Lanjutkan Momentum, Saham AMMN Naik Lagi, sampai Kapan? (Foto: MNC Media)

 IDXChannel - Saham PT Amman Mineral Internasional Tbk (AMMN) kembali menguat pada lanjutan sesi I perdagangan Rabu (13/9/2023). Saham AMMN terus naik kendati bursa memasukkan saham tersebut ke dalam daftar emiten dengan pergerakan tak wajar (unusual market activity/UMA).

Berdasarkan data Bursa Efek Indonesia (BEI), pukul 10.09 WIB, saham AMMN naik 1,72 persen ke Rp5.900 per saham. Nilai transaksi mencapai Rp336,95 miliar dan volume perdagangan 57,24 juta saham.

Baca Juga:
Lanjutkan Momentum, Saham AMMN Naik Lagi, sampai Kapan? Wall Street Terkontraksi Imbas Lonjakan Harga Minyak dan Anjloknya Saham Oracle

Sebelum turun 1,79 persen pada Senin (11/9), saham emiten tambang tembaga dan emas tersebut sempat menguat 20 hari beruntun.

Saham AMMN masih menguat 13,46 persen dalam sepekan dan terbang 248,08 persen sejak melantai pada 7 Juni 2023.

Baca Juga:
Lanjutkan Momentum, Saham AMMN Naik Lagi, sampai Kapan? Saham dengan Nilai Asset Terbesar dari Sektor Bank, Apa Saja?

Sebelumnya, pada Jumat (8/9) pekan lalu, bursa memasukkan saham AMMN ke daftar UMA.

“Dengan ini kami menginformasikan bahwa telah terjadi peningkatan harga saham AMMN yang di luar kebiasaan (Unusual Market Activity),” kata pihak BEI, dikutip IDXChannel, Senin (11/9).

Baca Juga:
Lanjutkan Momentum, Saham AMMN Naik Lagi, sampai Kapan? Ada Transaksi Crossing Saham Multitrend (BABY) Rp268 Miliar, Harga Premium

Pengumuman UMA, jelas bursa, tidak serta merta menunjukkan adanya pelanggaran terhadap peraturan perundang-undangan di bidang Pasar Modal.

Kabar sebelumnya, dalam keterbukaan, 1 Agustus 2023, anak usaha AMMN PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT) telah menandatangani Fasilitas Pinjaman Perbankan senilai USD350 juta dengan beberapa bank di Indonesia dan Singapore.

Fasilitas tersebut dapat ditarik kapan saja sesuai permintaan AMNT dan dapat digunakan oleh AMNT untuk tujuan perusahaan secara umum, modal kerja, belanja modal, pembayaran biaya, ongkos dan pengeluaran sehubungan dengan fasilitas terkait.

Fasilitas ini akan dibayar kembali dalam kurun waktu 4,5 tahun dengan tanggal pelunasan 23 Desember 2027. Fasilitas Pinjaman Perbankan ini dijamin secara pari passu dengan fasilitas senior AMNT lainnya yang telah ada.

Sementara, pada 28 Juli 2023, manajemen AMMN memberitahukan, Laporan Keuangan Interim Perseroan untuk periode 30 Juni 2023 masih dalam proses audit oleh KAP Mirawati Sensi Idris (member of Moore Global Network Limited).

“Oleh karena itu, Laporan Keuangan Interim Perseroan yang telah diaudit untuk periode 30 Juni 2023 akan disampaikan ke OJK selambat-lambatnya tanggal 30 September 2023,” jelas manajemen dalam keterbukaan informasi di BEI, dikutip IDXChannel, Senin (31/7).

Sebelumnya, AMMT telah mendapatkan persetujuan ekspor konsentrat tembaga dari Kementerian Perdagangan (Kemendag). Izin ekspor untuk 900.000 wet ton konsentrat tembaga ini berlaku mulai 24 Juli 2023 hingga 31 Mei 2024.

Diwartakan sebelumnya, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) juga telah mengeluarkan rekomendasi persetujuan ekspor hasil pengolahan mineral kepada AMNT sebagai landasan bagi izin ekspor dari Kemendag.

Dalam penawaran umum perdana saham atau initial public offering (IPO), perseroan menawarkan sebanyak 6,32 miliar saham atau 8,80% dari total modal ditempatkan dan disetor perseroan.

Dengan demikian, AMMN membidik dana segar sebesar USD715 juta atau Rp10,71 triliun dengan melepas sebanyak 8,80 persen saham ke publik, dari modal ditempatkan dan disetor penuh setelah IPO sebanyak 6.328.208.800 saham biasa dengan harga penawaran sebesar Rp1.695 setiap saham.

Praktis, seiring target perhimpunan dana tersebut, IPO Amman Mineral juga menjadi salah satu yang paling jumbo di tahun ini.

Sebagai informasi, Anthoni Salim dan keluarga masuk ke AMMN secara tidak langsung via PT Sumber Gemilang Persada (SGP) dan via emiten migas keluarga Panigoro PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC).

SGP memiliki 32,44 persen saham Amman dan Medco 21,09 persen saham.

Agoes Projosasmito, yang merupakan Komisaris Utama AMMN, menjadi pengendali perusahaan lewat AP Investment yang menguasai 15,58 persen saham Amman. Agoes disebut-sebut dekat dengan Salim, kendati tidak banyak yang membahas secara detail kongsi antara keduanya. (ADF)

 

Disclaimer: Keputusan pembelian/penjualan saham sepenuhnya ada di tangan investor.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.