Note

Menabung Dana Darurat Vs Bayar Utang, Mana yang Harus Lebih Dulu?

· Views 54

JAKARTA, KOMPAS.com - Terkadang sulit untuk memprioritaskan antara menabung dana darurat dan membayar utang. Mungkin Anda ingin melakukan keduanya, namun ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan ketika memutuskan mana yang lebih penting.

Dikutip dari The Balance, Rabu (13/9/2023), aturan umumnya adalah melakukan keduanya. Anda sebaiknya membayar utang sambil menabung dana darurat.

“Menghemat dengan mengorbankan percepatan pembayaran utang mengabaikan pentingnya komitmen untuk melakukan keduanya saat ini. Tidak boleh menjadi pilihan antara keduanya atau tidak sama sekali,” kata Todd Christensen, manajer pendidikan di Money Fit by DRS.

Baca juga: 8 Kondisi yang Mengharuskan Anda Punya Dana Darurat, Apa Saja?

Menabung Dana Darurat Vs Bayar Utang, Mana yang Harus Lebih Dulu?SHUTTERSTOCK/DEEMERWHA STUDIO Ilustrasi dana darurat.

Jika Anda menunggu untuk melunasi utang sebelum menabung dana darurat atau bahkan tabungan pensiun, namun kemudian tidak pernah berhasil melunasi utang tersebut, suatu hari Anda mungkin menyadari bahwa sudah waktunya untuk pensiun dan Anda sama sekali tidak siap dan mungkin masih terlilit utang.

Anda dapat mempertimbangkan kontribusi terhadap dana darurat setidaknya untuk sementara waktu.

Christensen menyarankan untuk menabung sedikit saja, setidaknya setara pengeluaran satu bulan, jika Anda tidak memiliki tabungan apa pun saat ini.

Namun teruslah membayar lebih dari jumlah minimum utang Anda.

Baca juga: Literasi Keuangan Milenial dan Jerat Utang Digital

Membangun pola pikir menabung, dibandingkan membeli apapun yang Anda inginkan setiap bulan, akan menguntungkan Anda dalam jangka panjang, terang Christensen.

Samantha Gorelick, perencana keuangan bersertifikat (CFP) di Brunch & Budget, sebuah perusahaan perencanaan keuangan, merekomendasikan variasi dari gagasan tersebut. Bayar jumlah minimum pada kartu kredit sampai Anda memiliki tabungan yang kuat.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.