Note

USD/JPY akan rebound jika inflasi AS melaju pesat

· Views 38

USD/JPY akan rebound jika inflasi AS melaju pesat

Pada Selasa pagi, USD/JPY sedang mencoba pulih setelah jatuh tajam hari sebelumnya. Pasangan ini turun sebesar 1,3% kemarin karena dorongan yang tak terduga untuk yen, yang berasal dari komentar hawkish oleh Gubernur BOJ, Kazuo Ueda. Namun, banyak analis merekomendasikan untuk menahan diri dari menjual pasangan mata uang ini pada tahap ini. Mari kita cari tahu mengapa.

JPY menikmati momentumnya

Di awal pekan perdagangan baru, mata uang Jepang menunjukkan kenaikan terkuatnya terhadap dolar AS dalam dua bulan terakhir, melonjak ke level tertinggi mingguan sebesar 145,91.

Lihat juga: Mulai trading Forex dengan broker level Eropa!
USD/JPY akan rebound jika inflasi AS melaju pesat

Lonjakan ini sebagian besar dikaitkan kepada wawancara Gubernur BOJ, Kazuo Ueda, yang diberikan kepada surat kabar Yomiuri Sabtu lalu. Pejabat tersebut memberi petunjuk tentang kemungkinan berakhirnya kebijakan moneter ultra-longgar di Jepang dalam beberapa bulan ke depan.

Ueda menyatakan bahwa penghapusan suku bunga negatif adalah salah satu skenario yang mungkin, asalkan ada pertumbuhan inflasi yang berkelanjutan dan peningkatan upah di negara tersebut. Dia juga menekankan bahwa pada akhir tahun, Bank of Japan akan memiliki informasi yang cukup untuk memutuskan apakah dapat mengakhiri era suku bunga ultra-rendah dan bertransisi menuju normalisasi sikap moneter.

"Intinya, Ueda telah menguraikan kerangka waktu bersyarat untuk kenaikan suku bunga pertama Jepang. Tidak heran trader, yang telah lama menunggu petunjuk perubahan moneter dari BOJ, meraih pernyataan ini, mengirim yen melonjak di semua papan," komentar analis Chris Weston.

Pernyataan terbaru dari kepala BOJ menggairahkan sentimen hawkish di antara investor, menyebabkan lonjakan tajam dalam yield obligasi Jepang 10-tahun, mencapai hampir dekade tertinggi 0,715%.

Ini sekali lagi memicu spekulasi bahwa BOJ mungkin menyesuaikan mekanisme pengendalian kurva hasilnya atau meninggalkannya sama sekali dalam waktu yang dapat diperkirakan.

Rapat berikutnya BOJ dijadwalkan pada 22 September. Kebanyakan analis percaya bahwa bank sentral akan memilih untuk berhati-hati, mempertahankan semua parameter kebijakan moneter saat ini, termasuk sistem YCC (Yield Curve Control), mengingat ketidakpastian yang tinggi mengenai inflasi.

"Agar BOJ membuat langkah-langkah hawkish awalnya, kondisi utama yang baru-baru ini diungkapkan oleh Ueda harus dipenuhi. Regulator perlu diyakinkan tentang pertumbuhan harga yang stabil dan kuat," tekankan analis Leika Kihara.

Pada Juli, inflasi Jepang mencapai 3,1%, melampaui target 2% BOJ untuk bulan ke-16 berturut-turut. Ini tampaknya bisa menjadi argumen untuk normalisasi kebijakan. Namun, otoritas bank sentral percaya bahwa pertumbuhan harga saat ini terutama didorong oleh faktor pasokan, seperti biaya impor. Regulator menginginkan jaminan lebih lanjut bahwa inflasi di masa depan akan didukung oleh permintaan, memastikan tetap di atas 2%.

Fokus utama untuk Bank of Japan saat ini bukan hanya dinamika inflasi, tetapi pertumbuhan upah dan perkiraannya.

Perusahaan Jepang secara tradisional memulai negosiasi upah tahunan mereka dengan serikat pekerja pada Maret. Tetapi beberapa wawasan akan tersedia lebih awal, dengan serikat pekerja terbesar di negara itu, Rengo, mengumumkan tujuan kenaikan upah untuk tahun depan pada awal Desember.

Beberapa ahli percaya bahwa kenaikan yang signifikan bisa memicu perubahan yang sangat dinanti-nantikan dari BOJ.

Langkah hawkish awal BOJ kemungkinan akan menyesuaikan target yield untuk obligasi 10-tahun, yang saat ini berada pada 0%, diikuti dengan menaikkan suku bunga jangka pendek dari -0,1% menjadi nol.

"Kami memperkirakan BOJ akan mengumumkan berakhirnya suku bunga negatif pada April 2024," perkiraan analis Daiwa Securities, Mari Iwashita.

Harapan yang meningkat di antara trader tentang kenaikan suku bunga di Jepang akan memperkuat yen dalam jangka menengah. UBS memproyeksikan bahwa mata uang Jepang mungkin menguat terhadap dolar menjadi 142.

Namun, ekonom bank Swiss saat ini menyarankan trader untuk tidak menjual pasangan USD/JPY, menyarankan mereka untuk fokus pada pertumbuhan yen terhadap euro atau pound. Mereka percaya dolar AS tetap menjadi tantangan yang sulit, berpotensi mengungguli yen dalam jangka pendek.

USD/JPY mungkin melanjutkan rallynya

"Kami tidak merekomendasikan untuk memulai posisi beli baru pada yen terhadap dolar untuk saat ini, karena mata uang Amerika mungkin melihat pertumbuhan yang diperbaharui minggu ini, didorong oleh data makroekonomi AS yang kuat," catat UBS Senin lalu ketika pasangan USD/JPY menunjukkan penurunan tajam.

Ahli percaya bahwa dalam jangka pendek, risiko bagi USD/JPY cenderung meningkat. Dolar mungkin kembali mengunjungi level tertingginya terhadap yen pada hari Rabu jika laporan inflasi AS yang akan datang menunjukkan peningkatan harga yang dipercepat. Pada Juli, inflasi tahunan di AS berada pada 3,2%. Saat ini, ekonom memperkirakan lonjakan Agustus menjadi 3,6%.

Jika perkiraan ini terpenuhi atau jika inflasi menunjukkan momentum kenaikan yang lebih kuat, ini akan menghidupkan kembali spekulasi tentang kenaikan suku bunga lebih lanjut di AS tahun ini.

Ekspektasi hawkish pasar yang meningkat mengenai kebijakan moneter berikutnya dari Federal Reserve mungkin memicu reli dolar AS yang kuat menjelang rapat FOMC berikutnya pada 20 September.

"Yen tetap rentan terhadap dolar AS, bahkan dalam cahaya lonjakan terakhirnya. Rapat FOMC dan BOJ yang akan datang minggu depan mungkin sekali lagi mengubah lanskap fundamental yang mendukung USD," kata analis Bloomberg.

Ahli percaya bahwa bulan ini, Federal Reserve kemungkinan akan menunda kenaikan suku bunganya, memberikan sinyal untuk lebih ketat jika data yang dirilis minggu ini menunjukkan bahwa inflasi AS tidak melambat dengan cukup cepat.

Sedangkan untuk regulator Jepang, Bloomberg mengantisipasi bahwa itu akan mempertahankan sikapnya saat ini pada bulan September dan menekankan kebutuhan untuk tetap berpegang pada pendekatan dovish selama lintasan inflasi di masa depan tetap tidak jelas.

Jika Fed dan BOJ benar-benar melanjutkan dengan tindakan yang diantisipasi minggu depan, pasangan USD/JPY mungkin menunjukkan volatilitas upside yang kuat. Mengingat perkembangan semacam itu, kita tidak dapat mengesampingkan kemungkinan Tokyo mengeluarkan ancaman baru tentang intervensi mata uang.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.