Note

7 Tips Sukses Mengumpulkan Dana Darurat agar Tak Terasa Berat

· Views 45

JAKARTA, KOMPAS.com - Dana darurat sudah cukup dikenal oleh sebagian dari kita. Namun demikian, tidak sedikit orang yang tidak tahu bagaimana mewujudkannya.

Kondisinya adalah mungkin Anda sudah mengencangkan ikat pinggang dengan anggaran yang ketat. Atau mungkin Anda pernah mencoba menjadikan tabungan sebagai prioritas dan gagal.

Bagaimana Anda bisa membayar kebutuhan dan tagihan bulanan dan masih memiliki sisa yang cukup untuk disisihkan untuk dana darurat?

Baca juga: Mana yang Lebih Prioritas: Dana Darurat atau Investasi Reksa Dana?

7 Tips Sukses Mengumpulkan Dana Darurat agar Tak Terasa BeratSHUTTERSTOCK/MOZAKIM Ilustrasi dana darurat.

Dikutip dari The Balance, Selasa (12/9/2023), berikut beberapa tips menabung dana darurat agar tidak terasa berat.

1. Mulai dulu, jangan ditunda

Cara mengumpulkan dana darurat yang pertama adalah dengan tidak menunggu dan melihat berapa banyak "sisa" yang Anda miliki di akhir bulan, melainkan "bayar diri Anda terlebih dahulu".

Di awal bulan, atau setiap kali Anda memperoleh gaji maupun penghasilan, sisihkan sejumlah uang untuk dana darurat sebelum melakukan hal lain.

Setelah uang ini tersimpan dengan aman di rekening tabungan, Anda tidak akan tergoda untuk membelanjakannya untuk hal-hal lain yang cenderung muncul.

Baca juga: Menempatkan Dana Darurat di Tabungan, Deposito, ataukah Reksa Dana Pasar Uang?

2. Atur dan lupakan

Ambil satu langkah lebih jauh dengan mengotomatiskan tabungan untuk mengurangi kemungkinan kesalahan atau kelemahan Anda. Atur transfer otomatis ke rekening tabungan di setiap awal bulan atau setiap kali Anda menerima gaji.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.