Note

Resmi Melantai, Harga Saham Aegis Filter (AEGS) Dibuka Naik 5 Persen

· Views 62
Resmi Melantai, Harga Saham Aegis Filter (AEGS) Dibuka Naik 5 Persen
Saham PT Anugerah Spareparts Sejahtera Tbk (AEGS) resmi tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin (11/9/2023) (Cahya Puteri Abdi Rabbi/IDXChannel)

IDXChannel - Saham PT Anugerah Spareparts Sejahtera Tbk resmi tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Senin (11/9/2023) dengan kode AEGS.

Harga saham perseroan dibuka naik 5% ke level Rp105 per saham, dari harga penawaran awal yang ditetapkan sebesar Rp100 per saham.

Baca Juga:
Resmi Melantai, Harga Saham Aegis Filter (AEGS) Dibuka Naik 5 Persen Mau IPO, Aegis Filter (AEGS) Tetapkan Harga Rp100 per Saham

Harga saham AEGS berada di posisi Rp102 per saham. Sementara itu, total saham perseroan yang diperdagangkan sebanyak 53,50 juta saham dengan nilai transaksi mencapai Rp5,53 miliar dan ditransaksikan sebanyak 4.021 kali.

“Ini merupakan langkah awal bagi kami untuk terus maju dan berkembang. Setelah menjadi perusahaan terbuka, kami juga memiliki tanggung jawab untuk menjaga kepercayaan publik kepada kami,” kata Direktur Utama AEGS, Oey Johan Sinartra Sumawi di Gedung Bursa Efek Indonesia pada Senin (11/9/2023).

Dalam gelaran penawaran umum perdana saham atau initial public offering (IPO) ini, perseroan menawarkan sebanyak 400 juta saham atau 39,76% dari modal ditempatkan dan disetor. Dengan harga yang ditetapkan, perseroan berpotensi meraup dana sebesar Rp40 miliar.

Bersamaan dengan IPO ini, perseroan juga akan menerbitkan sebanyak 100 juta Waran Seri I atau 16,50% dari total jumlah saham ditempatkan dan disetor penuh.

Waran seri I yang diterbitkan mempunyai jangka waktu pelaksanaan selama satu tahun dengan harga pelaksanaan sebesar Rp90 dan dapat dilakukan setelah enam bulan sejak diterbitkan, yang berlaku mulai 11 Maret 2024 hingga 10 September 2024.

Perihal penggunaan dana, sebesar Rp10,30 miliar dari dana hasil IPO akan digunakan untuk pembelian tanah beserta bangunan pabrik, kantor, gudang yang ada diatasnya. Adapun, pembelian tanah beserta bangunan pabrik, kantor dan gudang adalah kepastian tempat bagi perseroan untuk beroperasi.

Pembelian tersebut juga diperkirakan dapat mengurangi biaya sewa yang harus dibayar perseroan, kepemilikan aset properti berupa tanah merupakan suatu investasi yang baik bagi perseroan karena nilainya cenderung meningkat.

Selanjutnya, sebanyak 3,16% dana hasil IPO akan digunakan untuk pembangunan gudang baru diatas tanah dengan nomor SHM 712, 713 dan 714. Serta, 9,16% dana hasil IPO akan digunakan untuk belanja modal pabrik penunjang operasional perseroan.

Serta sisanya akan digunakan untuk modal kerja perseroan, modal operasional dan digunakan untuk pembelian persediaan perseroan, namun tidak terbatas pada bahan baku, barang setengah jadi dan barang jadi.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.