Note

Bandara Soekarno-Hatta Layani 54 Penerbangan VVIP Selama KTT Ke-43 ASEAN

· Views 64

JAKARTA, KOMPAS.com - Bandara Internasional Soekarno-Hatta mencatat telah melayani 54 penerbangan VVIP untuk Kepala Negara dan Delegasi KTT ke-43 ASEAN di Jakarta selama periode 3-8 September 2023.

"Total, terdapat 54 pergerakan pesawat udara take off/landing dengan kategori VVIP pada 3-8 September 2023," kata President Director AP II Muhammad Awaluddin dalam keterangan tertulis, Minggu (10/9/2023).

Awaluddin mengatakan, semua penerbangan VVIP tersebut berjalan dengan lancar dan baik berkat kolaborasi dari semua pihak mulai dari AP II selaku operator bandara, pihak ground handling, AirNav Indonesia, serta didukung penuh oleh Kementerian Perhubungan, Kementerian Luar Negeri, dan Kementerian BUMN.

Baca juga: Cara Membeli Tiket Kereta Api Bandara Soekarno-Hatta

"AP II juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat, penumpang pesawat, pengunjung bandara dan semua pihak atas dukungannya kepada Bandara Soekarno-Hatta dalam melayani penerbangan KTT ke-43 ASEAN,” ujarnya.

Lebih lanjut, Awaluddin menuturkan, penerbangan VVIP ini juga tidak berdampak banyak terhadap penerbangan reguler berjadwal.

Kelancaran penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta ini didukung juga oleh Kementerian Perhubungan yang melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor 8 Tahun 2023 Tentang Pengaturan Operasional Penerbangan Selama Penyelenggaraan KTT ASEAN ke-43 Tahun 2023 di Jakarta.

“Rencana operasi yang telah disiapkan AP II menjadi kunci sehingga semua penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta, baik penerbangan kenegaraan maupun penerbangan reguler, dapat beroperasi dengan lancar,” ucap dia.

Sementara itu, Director of Operation AP II Wendo Asrul Rose mengatakan, rencana operasi yang ditetapkan AP II mencakup pengaturan jalur pesawat saat berada di darat serta lokasi parkir pesawat dan lokasi pesawat menginap (Remain Over Night/RON).

“Semua sumber daya di Bandara Soekarno-Hatta mampu menjalankan rencana operasi dengan baik, didukung kolaborasi penuh semua pihak yang dilakukan melalui Airport Operation Control Center (AOCC) dan juga posko di Terminal 3,” kata Wendo.

Adapun untuk pesawat yang menginap, AP II telah menyiapkan 15 parking stand untuk mengakomodasi 8 pesawat berbadan lebar (wide body) dan 7 pesawat berbadan sedang (narrow body).

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.