Note

Dibayangi September Slump, IHSG Hari Ini Berpotensi Melemah

· Views 69
Dibayangi September Slump, IHSG Hari Ini Berpotensi Melemah
Dibayangi September Slump, IHSG Hari Ini Berpotensi Melemah. (Foto: MNC Media)

IDXChannel - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berpotensi bergerak mixed cenderung melemah pada sepanjang perdagangan hari ini. Adapun pergerakan indeks saham akan berada di kisaran 6.970 – 7.000.

Pengamat pasar modal sekaligus Founder WH Project, William Hartanto mengatakan, kesimpulan dari perdagangan sebelumnya, pelemahan IHSG hingga 6920 sudah tercapai.

Baca Juga:
Dibayangi September Slump, IHSG Hari Ini Berpotensi Melemah Update Daftar Orang Terkaya di Indonesia September 2023, Low Tuck Kwong Memimpin

"Namun sebenarnya belum perlu buru-buru optimis bahwa setelah ini tidak akan ada pelemahan lagi," tulis William dalam analisisnya, Senin (11/9/2023).

Menurut William, karena alasan pertama, ini baru sepekan pertama bulan September 2023, jika fenomena September Slump akan terjadi, maka masih ada 3 pekan untuk melemah lebih lanjut, atau terbatas di area ini IHSG mampu bertahan di atas 6.900 sebulan ini.

Baca Juga:
Dibayangi September Slump, IHSG Hari Ini Berpotensi Melemah Perbandingan Harga BBM Pertamina, Shell, Vivo, dan BP AKR Terbaru 8 September 2023

"Terlihat juga IHSG mengalami pelemahan terbatas sampai pada trend line. Sejauh ini, ini adalah kondisi yang bagus dan mendukung untuk mengatakan bahwa koreksi IHSG hanyalah koreksi sehat," kata dia.

Fokus William masih pada saham-saham big caps yang memberikan peluang buy on weakness. Namun pembelian itu sendiri mungkin bisa menunggu pada pekan kedua hingga ketiga bulan ini.

Baca Juga:
Dibayangi September Slump, IHSG Hari Ini Berpotensi Melemah Update Daftar Lengkap Harga BBM Pertamina 8 September 2023

Secara faktor teknikal, indikator MACD dead cross, di sini terindikasi pelemahan, ini bertepatan dengan terbentuknya resistance 7000.

"Menurut kami, ini menjadi indikasi pelemahan yang terjadi hanya karena kegagalan menembus resistance saja, dengan kata lain belum membawa IHSG menjadi downtrend," ungkapnya.

Sebelumnya, IHSG ditutup melemah sebesar -30.02 poin (-0.43%) menuju 6924,78 pada perdagangan hari Jumat 8 September 2023.

Sebanyak 241 saham menguat, 279 saham menurun, dan 232 saham tidak mengalami perubahan harga pada perdagangan kemarin. Nilai transaksi mencapai 10.951T (all market).

Berikut beberapa saham yang direkomendasikan secara teknikal.
ISAT, buy, support 9400, resistance 10150.
Trend following, penguatan berlanjut di atas support MA5 dan MA20.

MEDC, buy, support 1290, resistance 1390.
Menyelesaikan pembentukkan support pada 1290.

PNBN, buy, support 1295, resistance 1425.
Pembentukkan pola bullish flag dengan neckline pada harga 1400.

ADRO, buy, support 2840, resistance 3000; 3070.
Konfirmasi pola triangle pada harga 2780, dan menjadikan 2840 sebagai support baru.

(SLF)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.