Note

Kecewa, Ukraina Sebut Tak Ada yang Bisa Dibanggakan dari Deklarasi KTT G20

· Views 31
Ukraina kecewa dengan naskah deklarasi KTT G20 India karena tak memasukkan kecamanan terhadap Rusia (Foto: AP)

KIEV, iNews.id - Ukraina tampaknya kecewa dengan naskah deklarasi KTT G20 India karena tak memasukkan kecamanan terhadap Rusia yang telah menginvasi negaranya. Para pemimpin G20 pada Sabtu kemarin menyepakati isi deklarasi yang mengambil jalan tengah untuk tak menyinggung perang Rusia dan Ukraina.

Mengomentari deklarasi tersebut, Kementerian Luar Negeri Ukraina menyebut tak ada yang bisa dibanggakan seraya mengkritik isinya karena tidak menyebut Rusia.

Juru Bicara Kemlu Ukraina Oleg Nikolenko mengunggah tangkapan layar bagian yang relevan dari deklarasi bersama tersebut. Beberapa bagian dicoret menggunakan warna merah kemudian diganti dengan kalimat yang mencerminkan sikap Ukraina bahwa mereka adalah korban agresi tak beralasan dari Rusia.

“Jelas bahwa partisipasi pihak Ukraina (dalam pertemuan G20) akan memungkinkan para peserta untuk lebih memahami situasi,” katanya, dalam pesan di Facebook, Sabtu (9/9/2023), seperti dilaporkan kembali Reuters.

Meski kecewa dengan deklarasi KTT G20, Nikolenko tetap berterima kasih kepada negara-negara sekutu yang telah memperjuangkan agar deklarasi memasukkan bahasa yang tegas terhadap Rusia.

“Ukraina berterima kasih kepada para mitra yang mencoba memasukkan formulasi yang tegas ke dalam naskah," ujarnya.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.