Note

Tak Singgung Perang Ukraina, Rusia Puas dengan Deklarasi KTT G20

· Views 49
Rusia tampaknya puas dengan deklarasi KTT G20 India yang menghindari penggunaan istilah kecaman keras atas perang di Ukraina (Foto: AP)

NEW DELHI, iNews.id - Rusia tampaknya puas dengan deklarasi KTT G20 India yang akan diumumkan pada penutupan Minggu besok. Isi deklarasi menghindari penggunaan istilah mengecam Rusia atas perang di Ukraina, sebagaimana diinginkan negara-negara Barat.

Sherpa G20 Rusia Svetlana Lukash mengatakan, deklarasi KTT G20 menunjukkan posisi seimbang kelompok tersebut dalam konflik Ukraina. Ini juga sejalan dengan keinginan untuk menyelesaikan konflik di seluruh dunia.

“Mengenai kasus Ukraina, saya bisa sampaikan perundingan tersebut sangat kompleks dan, yang terpenting, posisi kolektif negara-negara BRICS dan mitra lainnya telah membuahkan hasil," kata Lukash, dikutip dari Sputnik, Sabtu (9/9/2023).

Dia menambahkan, apa yang didengar semua orang sepanjang tahun bahwa konflik Ukraina memperburuk ketahanan pangan, kini tercermin secara seimbang.

Disebutkan, setengah dari anggota G20 menolak untuk menerima narasi Barat soal kecaman terhadap negaranya. Dia juga mengatakan, bahasa konsensus telah digunakan dalam deklarasi tersebut.

Selain itu, para anggota G20 sepakat untuk bekerja sama demi perdamaian, keamanan, dan penyelesaian konflik di seluruh dunia.

Lukash menambahkan, KTT G20 India berjalan kompleks bukan hanya karena masalah Ukraina, namun sejumlah isu lain. Isu lain yang berjalan alot pembahasannya mencakup sikap soal perubahan iklim, transisi ke sistem energi rendah karbon, dan reformasi lembaga keuangan internasional.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.