Note

Tahu Nggak, Karpet di Ajang KTT ASEAN Ternyata Lokal Punya

· Views 50
Tahu Nggak, Karpet di Ajang KTT ASEAN Ternyata Lokal Punya
Foto: Dok. Tim Komunikasi dan Media KTT KE-43 ASEAN
Jakarta

Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-43 di Jakarta berlangsung sukses selama 5-7 September 2023. Salah satu elemen penting yang telah disiapkan dengan baik oleh pemerintah Indonesia sebagai tuan rumah adalah karpet.

Bentangan karpet yang menyambut para tamu negara di gelaran KTT ASEAN ke-43 di Jakarta Convention Center (JCC) merupakan produk lokal. Dua perusahaan dalam negeri yakni PT Lung Victory Carpet dan PT Classic Prima Carpet, jadi dua di antara beberapa penyedia alas pijak di JCC.

Keduanya merupakan binaan Kementerian Perindustrian yang turut menggandeng usaha mikro kecil dan menengah dalam aktivitasnya.

"Skala produksi kami memang industri, namun kami tetap melibatkan UMKM yang akan memanfaatkan sisa-sisa benang untuk dibuat tikar," kata Lysawati dari PT Classic Prima Carpet dalam keterangan tertulis, Jumat (8/9/2023).

Proses produksi karpet di perusahaan ini dari mulai merajut benang, menenunnya, lalu menambahkan lapisan di bawah karpet. Ketebalan benang akan menentukan ketebalan karpet. Tentu saja, semakin tebal karpet akan semakin empuk.

Perusahaan yang berasal dari Surabaya ini mulai beroperasional sejak 1984, menjembatani pengusaha dengan pemerintah. "Kalau kami ada masalah atau kendala, nanti kementerian mengarahkan untuk mendapatkan jalan keluar," kata Lysawati.

Lysawati mengakui masih menemui beberapa kendala dalam bisnisnya seperti cara mendapat material yang bagus untuk karpet, khususnya yang digunakan untuk tamu-tamu penting. Meski begitu, ia menilai kebijakan pemerintah saat ini cukup membantu.

"Produksi benang rumput buatan Indonesia, misalnya, belum ada. Kami terpaksa impor bahan baku. Namun, pemerintah sangat mendukung industri seperti kami dengan memberlakukan BMDP (bea masuk ditanggung pemerintah)," bebernya.

Pengalaman mengerjakan permintaan untuk menyediakan karpet bagi KTT ASEAN ke-43 diperoleh Lysawati dari kontraktor sehingga ia tinggal menyediakan sesuai yang dibutuhkan. Tentu perasaan bangga bahwa perusahaan bisa dilibatkan dalam acara besar.

"Saya lupa ya, ini kali ke berapa saya ikut acara besar, yang jelas ini bukan kali pertama. Kami tentu bangga," katanya.

Bersambung ke halaman berikutnya. Langsung klik

Halaman 1 2
Selanjutnya

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.