Note

Analisis EUR/USD, 8 September 2023. Perekonomian UE menunjukkan tanda-tanda stagnasi

· Views 63

Pasangan EUR/USD menguji ulang level Fibonacci retracement 23,6% di 1,0744 pada hari Kamis. Lompatan dari level ini dan reversal ke bawah menguntungkan dolar AS. Diperkirakan ada potensi penurunan menuju level Fibonacci berikutnya sebesar 0,0% di 1,0637. Konsolidasi di atas level 1,0744 akan menguntungkan euro, menunjukkan potensi pergerakan menuju level Fibonacci 38,2% di 1,0810.

Analisis EUR/USD, 8 September 2023. Perekonomian UE menunjukkan tanda-tanda stagnasi

Pola gelombang terus menerus menandakan tren bearish. Gelombang naik terbaru gagal mendekati harga tertinggi sebelumnya, sedangkan gelombang turun terakhir dengan percaya diri menembus harga terendah gelombang sebelumnya. Saat ini, belum ada tanda-tanda tren bearish akan segera berakhir. Tanda-tanda itu hanya akan muncul jika pasangan mampu bertahan di atas level 1,0744 hari ini. Dalam skenario ini, euro diperkirakan akan mengalami sedikit kenaikan.

Kemarin, Uni Eropa merilis laporan PDB untuk kuartal kedua. Estimasi ketiga mengecewakan para trader karena pertumbuhannya hanya 0,1% QOQ. Sebelumnya perekonomian Eropa diantisipasi tumbuh 0,3%, namun perkiraan tersebut tidak terjadi. Laporan ini tidak memberikan optimisme apa pun bagi para trader bullish, yang menyebabkan berlanjutnya penurunan euro hampir sepanjang hari.

Berita ekonomi saat ini tidak akan terlalu berdampak lagi. Estimasi final inflasi Jerman akan dirilis hari ini. Indeks Harga Konsumen (CPI) mungkin melemah hingga 6,1%, tiga kali lipat di atas level target. ECB mungkin mempertahankan suku bunga tidak berubah pada pertemuan berikutnya. Memudarnya sikap hawkish sepertinya tidak akan semakin memperlambat inflasi. Saya percaya bahwa trader bearish akan terus mendominasi pasar saat ini. Jika terjadi koreksi, penurunan mungkin akan berlanjut pada minggu depan.

Lihat juga: Anda dapat buka akun trading di sini.
Analisis EUR/USD, 8 September 2023. Perekonomian UE menunjukkan tanda-tanda stagnasi

Pada grafik 4 jam, pasangan ini telah menetap di atas channel tren menurun dan kemudian melanjutkan penurunannya. Meskipun merupakan pergerakan yang agak tidak biasa, menembus dua level dalam perjalanan turun dan melampaui titik terendah baru-baru ini jelas menunjukkan tren bearish. Oleh karena itu, diperkirakan terjadi penurunan lebih lanjut menuju level Fibonacci retracement berikutnya 100,0% di 1,0639. Tidak ada divergensi yang muncul pada indikator apa pun hari ini.

Laporan Komitmen Trader (COT):

Analisis EUR/USD, 8 September 2023. Perekonomian UE menunjukkan tanda-tanda stagnasi

Pada minggu pelaporan terakhir, spekulan menutup 8.849 kontrak long dan membuka 3.232 kontrak short. Sentimen pelaku pasar utama masih bullish dan tidak berubah terlalu cepat. Jumlah total kontrak long yang dimiliki spekulan kini mencapai 230.000, sedangkan kontrak short sebanyak 83.000. Saya percaya bahwa situasinya akan terus bergeser ke arah berlawanan seiring berjalannya waktu, namun untuk saat ini, trader bearish tidak terlalu asertif terhadap tren naik. Tingginya jumlah kontrak long yang terbuka menunjukkan bahwa trader profesional mungkin akan segera menutup posisi mereka, mengingat bias bullish yang kuat saat ini. Saya pikir angka-angka saat ini menunjukkan kemungkinan berlanjutnya penurunan euro dalam beberapa minggu mendatang. ECB semakin memberi sinyal berakhirnya pengetatan moneter.

Kalender ekonomi untuk AS dan UE

UE – Indeks Harga Konsumen (CPI) Jerman pada pukul 06:00 UTC.

Pada tanggal 8 September, kalender ekonomi hanya memuat satu peristiwa kecil. Pengaruh latar belakang berita terhadap sentimen trader sepanjang hari mungkin tidak ada atau sangat lemah.

Perkiraan EUR/USD dan tips trading

Pasangan ini dapat dijual setelah penutupan di bawah 1,0864 pada grafik H1, menargetkan titik 1,0810 dan 1,0744. Lompatan dari level 1,0810 menegaskan bahwa posisi short dapat dibiarkan terbuka. Saat ini, kedua target tersebut telah tercapai, namun posisi jual masih bisa dibuka dengan target di 1,0637 mengingat terjadi rebound dari level 1,0744. Peluang beli akan muncul ketika harga ditutup di atas level 1,0744 dengan target 1,0810.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.