Note

"Personal Branding", Strategi Memasarkan Diri

· Views 36

Oleh: Rangga Septio Wardana dan Brigitta Valencia Bellion

KOMPAS.com - Personal branding merupakan hal penting untuk membangun citra diri di hadapan publik. Oleh karena itu, harus dibangun dengan hati-hati. Personal branding dapat dipahami sebagai upaya individu mempromosikan diri dengan menunjukkan keunggulan dimiliki.

Keunggulan yang dapat ditunjukkan meliputi kualitas, pengalaman, dan kepribadian, nilai, serta persepsi positif. Dengan demikian, seseorang akan mudah dikenal dan dipercaya oleh orang lain secara lebih profesional.

Jika terus dilakukan, hal tersebut akan berdampak baik pada perkembangan karier. Seperti yang dijelaskan dalam siniar Obsesif bertajuk “Buat Dirimu Menarik Secara Profesional” dengan tautan akses s.id/ObsesifProfesional.

Menurut Farco Siswiyanto Raharjo dalam buku The Master Book of Personal Branding (2019), personal branding merupakan cara seseorang untuk mengambil kendali penilaian orang lain atas diri individu tersebut.

Manfaat Personal Branding

Muhammad Fadhol Tomimy dalam bukunya yang berjudul "Sharing-mu, Personal Branding-mu" (2017) menjelaskan bahwa personal branding bertujuan untuk memikat serta membangun kepercayaan orang lain terhadap individu tersebut.

Baca juga: 5 Strategi Ciptakan Suasana Positif Tempat Kerja

Menurut jurnal Strategi Membangun Personal Branding dalam Meningkatkan Performance Diri (2018), ada empat tujuan penting personal branding.

  1. Sebagai media untuk memengaruhi orang lain mengenai persepsi dan mengenalkan keunggulan diri.
  2. Memberi tahu orang lain tentang identitas, keunikan, kemampuan, serta hal lain yang menjadikannya berbeda dan bernilai.
  3. Menampilkan keunggulan diri kepada publik.
  4. Merangsang persepsi orang lain mengenai nilai serta kualitas diri yang dimiliki.

Cara Membangun Personal Branding

Mengutip dari Kompas.com, ada enam hal yang perlu diperhatikan untuk membangun personal branding.

Memperkenalkan diri dengan nama yang sama di semua platform

Memiliki nama yang sama di semua platform media sosial merupakan hal dasar untuk membangun personal branding. Hal ini berguna agar publik lebih mudah mencari dan mengingat nama yang hendak dibangun.

Mencari tahu keunggulan diri

Sebelum menentukan target audiens, seseorang perlu mengetahui keunggulan diri terlebih dahulu. Hal ini berguna untuk memudahkan dalam mempromosikan keunggulan diri kepada orang lain.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.