Note

Sandiaga Uno Targetkan Investasi Berkelanjutan di Sektor Pariwisata Tembus Rp122,512 Triliun

· Views 38
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno. (Foto: istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, menargetkan investasi berkelanjutan di sektor pariwisata yang ditawarkan Indonesia di  ASEAN-Indo-Pacific Forum (AIPF) menembus 8 miliar dolar Amerika Serikat (AS) atau Rp122,512 triliun. 

Menurut Menparekraf, target tersebut terutama untuk destinasi super prioritas Indonesia, yang ditawarkan pada business matching AIPF, yang merupakan bagian dari agenda KTT ASEAN 2023.

"Dalam business matching AIPF, kita targetkan akan fokus pada investasi yang berkualitas dan berkelanjutan," ujar Sandiaga kepada wartawan, ketika mengunjungi media center KTT ASEAN 2023 di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (6/9/2023). 

Dia mengungkapkan, dalam business matching AIPF diharapkan sektor pariwisata dapat menarik investasi senilai 6 miliar dolar AS hingga 8 miliar dolar AS, yang sekaligus menjangkau target penciptaan lapangan kerja sebesar 4,4 juta lapangan kerja di 2024. 

Pada kesempatan itu, Sandiaga juga menyambut positif penguatan kerja sama Local Currency Transaction (LCT) di ASEAN. Dia pun membeberkan sejumlah manfaat dari penerapan LCT. 

"Ini sangat terkoneksi, karena akan menguntungkan kita. Sebagai negara dengan ekonomi terbesar, punya destinasi wisata super prioritas, jika ekonomi kita lebih terintegrasi, kita akan mendapatkan limpahan manfaat lebih besar untuk Indonesia," ungkap Sandiaga. 

Dia mencontohkan, wisatawan Indonesia yang berkunjung ke negara-negara ASEAN dapat memanfaatkan LCT untuk alat pembayaran, karena sudah ada sistem yang disepakati.  
Selain itu, LCT juga akan membantu efisiensi transaksi ekonomi, dan membuat mata uang lokal kuat dari tekanan dolar AS. 

"Sehingga dampaknya dari segi pembayaran, stabilitas rupiah, peluang lebih besar dan akses pembiayaan yang lebih banyak bagi pelaku UMKM, pariwisata dan ekonomi kreatif," tutur Sandiaga.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.