Note

Kereta LRT Jabodebek Kerap Gangguan, Kemenhub Masih Percaya PT INKA

· Views 47

JAKARTA, KOMPAS.com - Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Risal Wasal mengaku masih percaya dengan kereta api buatan PT Industri Kereta Api (Persero) atau INKA.

Pasalnya seperti diketahui, sederet gangguan dialami oleh kereta LRT Jabodebek buatan PT INKA, mulai dari pengereman yang masih kasar hingga sistem buka tutup pintu otomatis yang kerap macet.

Sementara PT INKA ke depannya akan memproduksi kereta api untuk armada KRL milik PT KAI Commuter (KCI). Adapun KCI dan PT INKA telah meneken kontrak pengadaan 24 rangkaian kereta baru yang dikirim secara bertahap selama 2025-2027.

Baca juga: Erick Thohir Jawab Keluhan LRT Jabodebek yang Sering Gangguan

"Sangat pede lah. Kita harus bangga dengan karya anak bangsa lah. Enggak ada rasa khawatir dengan karya anak bangsa," ujarnya saat ditemui di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (5/9/2023).

Terkait pengadaan KRL baru, dia menyebut, telah memberikan arahan kepada PT INKA agar ke depannya dapat memproduksi kereta api dengan kualitas yang lebih baik.

"Ada (arahan ke INKA), kita pastinya kan ada lah kita memberikan masukan. Kita yang jelas berpegangan pada Pak Luhut juga bilang bahwa jangan di-bully karya anak bangsa, ayo kasih masukkan untuk perbaikan, itu yang kita lakukan," jelasnya.

Baca juga: LRT Jabodebek Banyak Gangguan, Erick Thohir: Percayalah Itu Aman, Ada Proses Perbaikan

Menurutnya, gangguan-gangguan pada kereta LRT Jabodebek bukan yang berkaitan dengan aspek keamanan sehingga masih bisa dimaklumi.

Terlebih dia mengklaim, saat ini gangguan-gangguan operasional pada kereta LRT Jabodebek sudah semakin berkurang dibandingkan saat beberapa hari beroperasi.

"Kan enggak ada masalah yang bahaya, cuma minor doang kok enggak ada suatu yang hal-hal dan tidak terkait masalah safety kok masalah minor saja yang bisa kita perbaiki. Dan sekarang kan sudah lancar kan ya," ucapnya.

Setelah diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 28 Agustus 2023, kereta LRT Jabodebek mengalami sejumlah gangguan operasional selama pekan pertamanya.

Baca juga: LRT Jabodebek Banyak Gangguan, KCI Masih Yakin Pesan Gerbong KRL dari INKA

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.