Note

Wamenlu Dorong Kolaborasi ASEAN Kembangkan Ekosistem Kendaraan Listrik

· Views 61
Wamenlu Dorong Kolaborasi ASEAN Kembangkan Ekosistem Kendaraan Listrik
Wakil Menteri Luar Negeri Indonesia Pahala Mansury (tengah)/Foto: ANTARA FOTO/AFRIADI HIKMAL
Jakarta

Wakil Menteri Luar Negeri Indonesia Pahala Mansury membeberkan potensi ASEAN dalam mengembangkan ekosistem kendaraan listrik. Menurutnya, Indonesia dan Filipina memiliki sumber daya yang dibutuhkan untuk kendaraan listrik, yaitu nikel.

Menurut Pahala, Indonesia menyimpan 26% nikel dunia. Atas dasar itu Indonesia berambisi untuk menjadi raja baterai dunia.

"Kita meluncurkan dan membangun ekosistem kendaraan listrik di Indonesia," katanya dalam acara ASEAN-Indo-Pacific Forum (AIPF), di Hotel Mulia Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (6/9/2023).

"Anggota negara ASEAN juga punya potensi yang besar. Filipina juga menyimpan cadangan nikel, tapi di Indonesia kita punya sumber daya lain selain nikel," lanjutnya.

Selain Itu, Pahala menyebut Indonesia terus mendorong penggunaan energi bersih. Indonesia terus berupaya menghubungkan klaster industri hijau satu sama lain.

Namun secara umum, ASEAN memiliki ambisi yang sama untuk mengoptimalkan ekosistem kendaraan listrik dunia, atau bahkan lebih. "Dan untuk mengembangkan ekosistem ini, kita harus menghubungkan klaster industri hijau melalui green ASEAN grid," tuturnya.

Ia menegaskan ekosistem kendaraan listrik tak akan optimal jika industri di ASEAN kurang terkoneksi. Oleh karena itu ia mendorong kolaborasi yang baik antar sesama anggota.

"Ekosistem kendaraan listrik, termasuk pabriknya, tidak akan terealisasi tanpa konektivitas sesama anggota ASEAN," pungkasnya.

(ily/ara)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.