Note

Inggris Bakal Tetapkan Grup Wagner Rusia sebagai Organisasi Teroris

· Views 49
Inggris bakal menetapkan perusahaan militer swasta Rusia, Grup Wagner, sebagai organisasi teroris. (Foto: Reuters)

LONDON, iNews.id – Inggris bakal melabeli Grup Wagner, kelompok tentara bayaran Rusia, sebagai organisasi teroris. Hal itu terungkap lewat laporan BBC pada Selasa (5/9/2023), dengan mengutip rancangan peraturan pemerintah di London.

Rancangan peraturan tersebut bakal memungkinkan Inggris untuk memasukkan aset Wagner dalam daftar properti teroris, sehingga dapat disita. Tak hanya itu, menjadi anggota atau mendukung Wagner akan dianggap sebagai tindakan ilegal.

Menteri Dalam Negeri Inggris, Suella Braverman mengatakan, Grup Wagner punya watak yang keras dan destruktif. Dia menilai kelompok itu tidak lebih dari sekadar alat militer Rusia di bawah pimpinan Vladimir Putin.

“Mereka adalah teroris, sejelas dan sesederhana itu. Perintah pelarangan (terhadap Wagner) ini memperjelas hal itu dalam hukum Inggris,” katanya, Selasa (5/9/2023).

Bergabung menjadi anggota atau mempromosikan kelompok tersebut adalah tindakan pidana di Inggris. Begitu pula dengan mengatur atau menyampaikan pidato dalam pertemuannya, serta menampilkan logonya di depan umum.

Kelompok tentara bayaran Wagner dikerahkan di Ukraina tak lama setelah Rusia melancarkan agresi militer pada tahun lalu.

Pada Desember 2022, kelompok tersebut mengambil peran sentral dalam pertempuran untuk Kota Bakhmut di Ukraina setelah merekrut ribuan narapidana dari penjara-penjara Rusia untuk bertempur di garis depan medan perang. Hingga saat ini, Grup Wagner masih menjadi andalan serangan Rusia.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.