Note

IHSG Rawan Koreksi, Intip Deretan Saham Pilihan Analis Hari Ini

· Views 44
IHSG Rawan Koreksi, Intip Deretan Saham Pilihan Analis Hari Ini
IHSG Rawan Koreksi, Intip Deretan Saham Pilihan Analis Hari Ini (foto: MNC Media)

IDXChannel - Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini, Rabu (6/9/2023), diperkirakan cukup rawan untuk kembali melemah.

Meski demikian, sejumlah saham dinilai masih memiliki peluang untuk merangkak naik ke zona hijau, berbekal dengan potensi yang dimilikinya.

Baca Juga:
IHSG Rawan Koreksi, Intip Deretan Saham Pilihan Analis Hari Ini Analisis Saham Pilihan: TLKM, ASII Hingga ICBP

Menurut Equity Research Analyst Phintraco Sekuritas, Alrich Paskalis Tambolang, sejumlah saham basic materials berpotensi kembali menguat. 
Seperti, diantaranya, PT Bumi Recourses Mineral tbk (BRMS) dan PT Trimegah Bangun Persada Tbk (NCKL).

Sedangkan PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) dan Indocement Tunggal Perkasa (INTP) juga dinilai memiliki potensi melanjutkan rebound. 

Baca Juga:
IHSG Rawan Koreksi, Intip Deretan Saham Pilihan Analis Hari Ini IHSG Hari Ini Berpotensi Menguat, Simak Deretan Saham Pilihan Analis

Tak hanya SMGR dan INTP, potensi pergerakan serupa juga terjadi pada saham PT Bukit Asam Tbk (PTBA) dan PT Pertamina Gas Negara Tbk (PGAS).

Selain itu, Alrich juga merekomendasikan saham PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM), PT United Tractors Tbk (UNTR), PT Indosat Ooredoo Hutchison (ISAT) dan PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk (CPIN). 

Baca Juga:
IHSG Rawan Koreksi, Intip Deretan Saham Pilihan Analis Hari Ini Investor! Cermati Saham Pilihan Awal Pekan ini

Sebagaimana diketahui, IHSG menutup langkahnya pada Selasa (5/9/2023) dengan pelemahan sebesar 5,04 poin (0,07 persen) menuju 6.991,7.

Sepanjang perdagangan, sebanyak 236 saham mampu merangkak ke zona hijau, 286 saham terperosok ke zona merah, sedangkan 232 saham lainnya masih jalan di tempat.

Menurut Alrich, kondisi demikian membuat kinerja IHSG pada perdagangan hari ini, Rabu (6/9/2023), rawan diterpa gelombang koreksi.

Pada perdagangan kemarin, IHSG disebut Alrich sempat menutup gap ke 6.975. Bersamaan dengan koreksi tersebut, terbentuk death cross pada Stochastic RSI di overbought area, sehingga membuat posisi indeks rawan melanjutkan koreksinya pada hari ini.

"Pelaku pasar cenderung wait and see terhadap sejumlah data ekonomi domestik yang dijadwalkan bakal rilis pekan ini," ujar Alrich, Selasa (5/9/2023).

Beberapa data yang ditunggu tersebut, pertama, adalah terkait data cadangan devisa yang diperkirakan masih bertahan di atas enam bulan impor.

Posisi tersebut masih jauh di atas batas kecukupan minimal internasional, yang berada di tiga bulan impor.

Sedangkan data kedua adalah indeks keyakinan konsumen yang diperkirakan masih berada di atas 120, di mana batas confidence pelaku pasar berada di level 100.

Dari eksternal, stimulus fiskal untuk sektor properti oleh pemerintah Tiongkok diharapkan mendorong akselerasi permintaan domestik Tiongkok. 

"Salah satu potensi dampak positif bagi Indonesia adalah perbaikan kinerja ekspor di bulan-bulan mendatang," tegas Alrich. (TSA)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.