Note

Cara Investasi Saham Batu Bara, Termasuk Analisis Valuasinya

· Views 45
Cara Investasi Saham Batu Bara, Termasuk Analisis Valuasinya
Cara Investasi Saham Batu Bara, Termasuk Analisis Valuasinya. (Foto: MNC Media)

IDXChannel - Cara investasi saham batu bara penting untuk diketahui para investor khususnya bagi pemula yang tertarik dengan jenis saham siklikal. Batu bara diyakini masih menjadi sumber energi pokok utama untuk jangka yang cukup panjang.

Emiten batu bara Indonesia sendiri dikenal cukup sukses dan dipilih untuk melakukan ekspor ke banyak negara. Berinvestasi di batu bara sebagai investasi jangka panjang juga memiliki risiko yang rendah dan layak dijadikan sebagai tabungan di hari tua. Sebagai komoditas tambang unggulan, lokasi tambang batubara pun sudah tersebar di Tanah Air.

Baca Juga:
Cara Investasi Saham Batu Bara, Termasuk Analisis Valuasinya 6 Perusahaan Batu Bara Terbesar di Kalimantan 2023

Dilansir dari berbagai sumber pada Selasa (5/9/2023), IDX Channel telah merangkum cara investasi saham batu bara, sebagai berikut.

Cara Investasi Saham Batu Bara

1. Mendownload Aplikasi Investasi Saham yang Tepat

Baca Juga:
Cara Investasi Saham Batu Bara, Termasuk Analisis Valuasinya India dan China Pasar Utama Ekspor Batu Bara Indonesia

Anda bisa mengunduh aplikasi broker sekuritas terlebih dahulu yang dirasa mudah dan praktis untuk pemula. Sudah banyak tersedia aplikasi saham yang bisa digunakan di Play Store sehingga dapat melakukan trading di mana saja dan kapan saja. Hal yang perlu diperhatikan ketika memilih aplikasi adalah legalitasnya. Pastikan bahwa aplikasi untuk trading saham yang dipilih sudah dilindungi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

2. Mulai Membuka Rekening Saham

Baca Juga:
Cara Investasi Saham Batu Bara, Termasuk Analisis Valuasinya 7 Emiten Batu Bara dengan Dividen Jumbo 2023

Setelah aplikasi berhasil diunduh, maka selanjutnya adalah membuka rekeningnya. Rekening saham ini diperlukan agar bisa mendepositkan sejumlah dana untuk melakukan investasi. Pembukaan rekeningnya cukup mudah karena bisa melakukannya di rumah. 

Adapun dokumen yang perlu disiapkan untuk proses registrasi antara lain yaitu e-KTP, NPWP, dan akun bank pribadi. Setelah proses registrasi selesai Anda akan mendapatkan dua rekening sekaligus, yaitu rekening Efek di Perusahaan Efek dan Rekening Dana Nasabah (RDN) di bank.

Baca Juga:
Cara Investasi Saham Batu Bara, Termasuk Analisis Valuasinya Tren Harga Komoditas Sepekan: Minyak, Batu Bara, dan CPO Perkasa

3. Mendepositkan Uang ke Rekening Dana Nasabah

Selanjutnya adalah deposit atau top up dana. Dana tersebut nantinya akan kamu gunakan untuk membeli saham batubara terbaik yang diinginkan. Anda bisa menyesuaikan sendiri besaran dana yang ingin ditransfer. Namun, biasanya broker sekuritas memiliki ketentuan tersendiri untuk jumlah minum transfernya. Jika sudah selesai mengirimkan dana untuk investasi, Anda juga perlu memastikan bahwa saldo RDN di bank sudah berhasil terkirim.

4. Cek Kembali Kode Saham Batubara

Hal ini diperlukan jika Anda ingin melakukan transaksi di Bursa Efek Indonesia. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena banyak sumber di internet yang membahas daftar saham batu bara beserta kodenya.

5. Menganalisis Saham Batubara

Analisis ini bermanfaat untuk memastikan informasi serta performa saham batubara yang dipilih. Pada umumnya, terdapat dua metode analisis saham yang sering digunakan, yaitu fundamental dan teknikal. Dalam analisis fundamental, biasanya akan lebih fokus pada laporan keuangan perusahaan.

Laporan tersebut nantinya digunakan dalam valuasi untuk menentukan harga wajar sahamnya. Sementara dalam analisis teknikal, fokusnya pada pergerakan harga saham batubara untuk menentukan trennya. Dalam aplikasi trading yang diunduh, biasanya hanya perlu memasukkan kode saham batubara. Setelah itu, analisis atas saham akan disediakan secara gratis.

6. Mulai Melakukan Transaksi

Apabila seluruh cara membeli saham batubara di atas selesai dilakukan, maka Anda sudah mulai bisa bertransaksi. Anda dapat melakukan order beli ataupun jual sesuai yang diinginkan. Adapun harga saham batubara dibanderol satu lotnya 100 lembar.

Itulah informasi terkait beberapa cara investasi saham batu bara yang bisa Anda simak, semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk selalu terus update berita terkini Anda seputar bisnis dan ekonomi hanya di IDX Channel.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.