Note

AUD/USD Anjlok Kembali Mendekati Terendah Tahun, Tampak Rentan di Tengah Bangkitnya Permintaan USD

· Views 80
Bagikan:
  • Kombinasi beberapa faktor mendorong aksi jual agresif di sekitar AUD/USD pada hari Selasa.
  • Data Tiongkok yang lebih lemah dan keputusan tidak ada perubahan suku bunga RBA melemahkan Dolar Australia.
  • USD naik ke tertinggi tiga bulan dan berkontribusi terhadap penurunan tajam AUD/USD.

Pasangan AUD/USD berada di bawah tekanan jual yang kuat pada hari Selasa dan melanjutkan penurunan tajam intraday sepanjang paruh pertama sesi Eropa. Momentum menyeret harga spot ke area 0,6370, kembali mendekati terendah yang dicapai pada bulan Agustus, dan disponsori oleh berbagai faktor.

Dolar Australia (AUD) mulai melemah setelah survei swasta menunjukkan bahwa aktivitas bisnis di sektor jasa Tiongkok tumbuh pada laju paling lambat dalam delapan bulan. Faktanya, IMP Jasa Caixin/S&P Global turun dari 54,1 menjadi 51,8 pada bulan Agustus, mencatat angka terendah sejak Desember 2022 dan menghidupkan kembali kekhawatiran terhadap memburuknya kondisi di ekonomi terbesar kedua di dunia. Hal ini, pada gilirannya, mengurangi selera investor pada aset-aset berisiko, yang, bersama dengan keputusan Reserve Bank of Australia (RBA) tidak mengubah suku bunga, mendorong aksi jual agresif di sekitar pasangan AUD/USD.

Seperti yang telah diantisipasi secara luas, bank sentral Australia memutuskan untuk tetap berpegang pada sikap tunggu dan lihat dan membiarkan Official Cash Rate (OCR) tidak berubah di 4,10% untuk bulan ketiga berturut-turut. Dalam pernyataan kebijakan moneter yang menyertainya, RBA menegaskan kembali bahwa beberapa pengetatan lebih lanjut mungkin masih diperlukan untuk mengendalikan inflasi, yang masih berada di jalur untuk mencapai kisaran target 2-3% pada pertengahan tahun 2025. Jeda tersebut, bersama dengan kurangnya sinyal hawkish baru, memicu spekulasi bahwa siklus pengetatan kebijakan mungkin telah berakhir dan tidak memberikan kesan bullish bagi para pedagang atau memberikan dukungan apa pun kepada pasangan AUD/USD.

Penurunan tajam pada hari Selasa selanjutnya dapat dikaitkan dengan bangkitnya kembali permintaan Dolar AS (USD), didukung oleh meningkatnya penerimaan bahwa Federal Reserve (The Fed) akan mempertahankan suku bunga lebih tinggi untuk jangka waktu yang lebih lama. Meskipun ada tanda-tanda bahwa kondisi pasar tenaga kerja di AS mulai mereda, pasar masih mengantisipasi kemungkinan kenaikan suku bunga The Fed sebesar 25 bp lagi pada akhir tahun ini. Hal ini, pada gilirannya, memicu kenaikan baru dalam imbal hasil obligasi Pemerintah AS dan mendorong USD ke tertinggi tiga bulan, yang selanjutnya berkontribusi pada nada penawaran jual yang tinggi di sekitar pasangan AUD/USD.

Terlepas dari faktor-faktor fundamental yang disebutkan di atas, penembusan berkelanjutan garis tren naik, yang memanjang dari terendah tahun, memperburuk tekanan bearish. Selain itu, penerimaan di bawah angka bulat 0,6400 dapat dilihat sebagai pemicu baru bagi pedagang bearish dan mengindikasikan bahwa jalur yang paling mudah untuk pasangan AUD/USD setidaknya adalah ke bawah. Meskipun demikian, Relative Strength Index (RSI) yang sangat oversold pada grafik per jam membuatnya lebih bijaksana menunggu beberapa konsolidasi intraday sebelum pedagang mulai memposisikan diri untuk depresiasi lebih lanjut.

level-level teknis AUD/USD

Tinjauan
Harga terakhir hari ini 0.6377
Perubahan harian hari ini -0.0085
Perubahan harian hari ini % -1.32
Pembukaan harian hari ini 0.6462
 
Tren
SMA 20 Harian 0.6459
SMA 50 Harian 0.6602
SMA 100 Harian 0.6641
SMA 200 Harian 0.672
 
Level
Tinggi Harian Sebelumnya 0.648
Rendah Harian Sebelumnya 0.6445
Tinggi Mingguan Sebelumnya 0.6522
Rendah Mingguan Sebelumnya 0.6401
Tinggi Bulanan Sebelumnya 0.6724
Rendah Bulanan Sebelumnya 0.6364
Fibonacci Harian 38,2% 0.6467
Fibonacci Harian 61,8% 0.6458
Pivot Point Harian S1 0.6444
Pivot Point Harian S2 0.6427
Pivot Point Harian S3 0.6409
Pivot Point Harian R1 0.648
Pivot Point Harian R2 0.6498
Pivot Point Harian R3 0.6515

 

 

Bagikan: Pasokan berita

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.